Senin, Agustus 10, 2015

hati-hati memilih jasa ekspedisi

  34 Komentar    
categories: , , ,




dulu... setelah melahirkan syafieq otomatis saya menjadi ibu rumah tangga full,aktifitas keluar rumah yang rutin hanya sebulan sekali pergi ke dokter anak untuk imunisasi syafieq,urusan belanja saat itu saya serahkan ke pembantu.untuk urusan beli pakaian saya selalu belanja online,pilih barang sesuai selera,bayar via mobile banking dan barang pun sampai dirumah keesokan harinya,tak perlu keluar dari rumah,mudah cepat dan menghemat waktu.

saat syafieq umur 6 bulan saya pindah ke jakarta,suami pulang sebulan sekali plus tanpa pembantu membuat saya belajar mandiri,segala sesuatu saya kerjakan sendiri,urusan belanja hampir semua saya lakukan secara online,susu,diapers,sabun cuci bahkan sebulan pertama sayur,buah,daging dan bumbu dapur pun saya beli secara online juga,kenapa?karena saya kerepotan kalau belanja dorong trolly gendong bayi pula,apalagi kalau harus ke pasar tradisional,uhhh saya nyerah!  ^_^

setiap belanja online saya selalu memilih pengirimannya menggunakan jasa ekspedisi j**,hari ini belanja besoknya barang pesanan saya datang ke rumah.meskipun pernah baca dan dengar ada beberapa orang yang kecewa dengan ekspedisi ini,tapi alhamdulillah selama ini saya puas dengan pelayanannya,tidak pernah ada keluhan apapun.

sekarang saya sudah kembali tinggal disukabumi,saya tak terlalu sering belanja online,karena syafieq sudah 3 tahun,sudah bisa diajak hang out nge-mall,wara wiri ke pasar,hi hi.. berbicara tentang jasa ekspedisi pasti sudah pada tahu ya kalau jasa ekspedisi di indonesia itu beragam,dari mulai yang bertarif murah sampai yang mahal,pengiriman domestik maupun luar negeri dilayani dengan metode pengiriman via darat laut dan udara.ada juga yang menyediakan servis pick up yaitu pengirim duduk manis saja dirumah,cukup telpon kantor jasa ekspedisi nanti petugas ekspedisi datang ke rumah untuk menjemput barang yang akan dikirim.

nah,minggu lalu ada sebuah kejadian yang berhubungan dengan jasa ekspedisi,bukan ekspedisi langganan saya,ekspedisi ini betul-betul mengecewakan dan membuat suami saya khawatir tingkat tinggi.semoga menjadi pelajaran bagi yang biasa mengirim atau menerima barang via jasa ekspedisi.


gambar 2

sabtu 01-08-2015

melalui email pihak kantor suami di jakarta menginformasikan bahwa pengajuan visa sudah selesai diurus dan paspor suami baru saja dikirim balik via sebuah jasa ekspedisi,(kita sebut saja kurir 1) lengkap dengan lampiran nota pengiriman dan no resi.

minggu,senin,selasa,rabu... paspor belum juga tiba,(padahal kalau menggunakan ekspedisi langganan saya,jabodetabek-sukabumi/sebaliknya itu hanya 1 hari,hari ini kirim besok sampai).saya berinisiatif googling mencari nomor telpon kurir 1,setelah dapat nomor telpon kantor pusatnya suami langsung menelpon dan disambungkan dengan bapak "R",suami  menyebutkan nomor resi,nama pengirim dan nama penerima. jawabannya "ditunggu saja ya pak,barang sedang proses pengiriman",ketika suami bertanya tentang agen kurir 1 di kota kami mereka mengatakan bahwa mereka tidak memiliki cabang,agen,kantor atau apapun itu di kota kami.

kamis 06-08-2015

suami ketar ketir paspor belum datang juga.sedangkan hari minggu suami harus berangkat ke rusia,kalau paspornya tidak sampai juga bagaimana?kontrak sudah ditanda tangani,tiket pesawat,hotel dan lain-lain sudah di pesankan oleh pihak kantor.saya jadi ikut-ikutan  was-was,duhhhh! suami kembali menelpon kurir 1 (bapak R lagi):

"gimana pak dengan paket saya?"
"sabar pak,mungkin hari ini sampai,bapak stand by aja dirumah"

jum'at 7-08-2015

"pak,apa bisa dicek sekarang paket saya ada di cabang mana?biar saya ambil saja langsung,tak apalah saya harus ke jakarta,soalnya paket itu isinya paspor dan saya mau pergi ke rusia hari minggu besok"kata suami
"maaf kami tidak bisa cek"jawab pak R
"terus saya harus gimana pak?"
"begini,sebetulnya kami itu tidak melayani pengiriman domestik,kami hanya melayani ke luar negeri saja,kantor bapak saja yang salah kenapa harus melalui kami pengirimannya"kata pak R
"kalau memang tidak melayani pengiriman domestik kenapa pegawai kurir 1 mau saja menerima paket dari kantor saya?sekarang paspor saya sudah terlanjur dikirim melalui anda,bukan waktunya lagi salah menyalahkan,sekarang waktunya anda mengecek dimana paket saya?"

pak R memutuskan sambungan telpon,heloooo....

sabtu 8-08-2015

sampai sore ditunggu paspor tak kunjung datang,semakin khawatirlah kami.mau menelpon kurir 1 lagi rasanya malas,pasti jawabannya sama.pihak kantor suami sih meyakinkan bahwa jasa ekspedisi kurir 1 itu bagus,menerima pengiriman domestik juga dan pengiriman kemanapun pasti sampai,"ditunggu saja ya pak,mungkin sore ini paketnya sampai ke rumah bapak,jika sampai besok belum sampai juga kami akan mengundurkan jadwal keberangkatan bapak,kita atur lagi,ga usah khawatir ya pak"pihak kantor membesarkan hati suami saya.(padahal saya yakin dia juga ketar ketir karena dia yang bertanggung jawab,kalau terjadi apa-apa pasti dialah yang disemprot bos)

beberapa jasa ekspedisi di indonesia (gambar 3)

malamnya sekitar jam 20.30 wib akhirnya kurir 1 datang juga ke rumah,tapi.... alangkah kagetnya suami ketika si kurir memberikan secarik kertas untuk ditanda tangani sebagai bukti penerimaan,dikertas itu yang tercantum bukan KURIR 1 tapi sebuah perusahaan distribution centre,di atas kiri ada logo kotak hitam bertuliskan priority cargo package,tertera nama perusahaannya PT.Y*****O T**********A beralamat di tebet jakarta selatan,dan data pengirimnya PT.R**** P** M******I yang beralamat di bekasi barat.

padahal kantor suami bukan di perusahaan tersebut,pun kantor suami berada di kelapa gading jakarta utara bukan di bekasi barat.bingung sebingung bingungnya,pendapat saya mungkin jika jasa ekspedisi tidak memiliki cabang/agen di kota yang dituju,mereka akan meng-over paket ke jasa ekspedisi lain.bayangkan... bagaimana jika dokumen/barang kita hilang?ke mana harus mengecek keberadaannya?hmmm...

malam itu saya tanya si kurir:

"pak... kenapa lama ya?jakarta-sukabumi kok sampe 1 minggu sih?sabtu ketemu sabtu lagi"
"oiya bu,kan paketnya ke bandung dulu,dari bandung baru dikirim ke sukabumi"jawabnya kalem
"ke bandung dulu?kok bisa?"tanya saya penasaran
"iya dong bu,kan sukabumi itu termasuk provinsi jawa barat,jabar kan ibukotanya bandung,jadi semua paket utk jabar ke bandung dulu,baru didistribusiin ke kota2 nya bu"kali ini si kurir lebih kalem dari sebelumnya.

oh may gat,entahlah saya bingung bagaimana bisa begitu prosedur pengirimannya,tidak efektif dan efisien,padahal jarak tempuh jakarta-bandung dengan jakarta-sukabumi itu beda tipis saja.kenapa paket untuk daerah sukabumi harus ke bandung dulu?sudahlah... yang pasti saat itu kami merasa plooongggg bersyukur sekali karena paspor sudah ditangan.

dari kejadian diatas saya mengambil pelajaran:
  • dokumen penting sebisa mungkin jangan di kirim via jasa ekspedisi,apalagi dokumen tersebut akan segera di pergunakan.
  • jika darurat harus menggunakan jasa ekspedisi juga,pastikan bahwa jasa ekspedisi yang dipilih memiliki agen atau kantor cabang di kota penerima.
  • untuk pengiriman dalam negeri gunakan jasa ekspedisi yang memang melayani pengiriman domestik.
  • simpan nota pengiriman sebagai alat bukti klaim jika dikemudian hari terjadi masalah.
apalagi ya?ada yang mau menambahkan?hehee... semoga bermanfaat ya

sumber gambar:
gambar 1:komunitasyukbisnis.com
gambar 2:bundaumar.com
gambar 3:kanzaswalayan.com






34 komentar:

  1. Hmmm saya udah pernah kayak gini, waktu itu benar2 saya tunggu barang tsb utk keperluan pameran. Pengrajin saya ngotot nyariin kurir (kurir udara) yg paling murah, pdhl sy blm pernah dengar nama kurir tsb. Krn sdh lewat dr waktu yg dijanjikan, sy telpon2 terus & sialnya sistem mrk nggak online jd nggak tau persisnya smp dimana. Akhirnya nyampe juga, itupun sy jemput smp 2x bolak balik ke agennya. & yg namanya agen itu bukan kantor tp rumah orang, masuk gang. Capnya juga begitu, beda2. Sy mikirnya itu semacam MLM atau broker gitu. Mereka ambil di agen bandara, kalau sdh terkumpul baru nyewa mobil utk mengantar ke konsumen. Memang kudu ati2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh mak lusi pya pengalaman yg hampir sama ya,alhmdlh barang msh selamat ya mak...

      Hapus
  2. Blm pernah kejadian spt itu sih, moga2 ke depannya gak pernah ngalamin kejadian spt itu... Sependapat dengan pelajaran poin ke 2, cari ekspedisi yang memiliki perwakilan di kota yg di tuju, kalo kota kecil malah aku lbh memilih pake pos indonesia krn jaringan kantornya luas sampe ke pelosok. Pernah kejadian, ngirim barang ke sebuah kota kecil di Jawa Tengah pake pos indonesia, ngirim dari bandung. Ternyata petugasnya membebankan tarif terlalu tinggi, eh bbrp hari kemudian kelebihan tarifnya dikembalikan dan diantar ke rumah...Tuh baik bgt khan hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelebihan tarif uang'y dibalikin?yg bener ka faqi?kereeennn,baik benerrr ^_^

      Hapus
  3. Pernah nih ngerasain lebih dari seminggu , tapi beli barang dari bekasi ke klaten jadi mungkin wajar karna sama-sama bandaranya jauh. Jadi route barangnya dari bekasi-jakarta-solo- baru ke klaten.

    Tapi dulu juga pernah beli barang dari jakarta kepekanbaru nyampe dalam waktu 23 jam, makanya mikir mungkin faktor bandara juga ngaruh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya klo pengiriman antar provinsi mngkin faktor bandara jauh bisa jdi kendala ya,thx sdh brkunjung :)

      Hapus
  4. Mbak Aira, saya belum pernah sih, saya seringnya menggunakan jasa yang sama dgn mbak aira yang tiga huruf itu soalnya kalo mau pakai yg lain khawatir juga, makasih ya infonya mbak :D

    btw, membedakan benih yang disemai atau tidak, sebenarnya benih yang disemai dulu itu untuk menjaga agar bibit tidak rusak, itu berlaku untuk benih-benih yang mahal sih mbak seperti cabe dan tomat, dua jenis komoditas itu tidak disemaipun bisa tumbuh hanya saja dikhawatirkan rusak

    BalasHapus
  5. menjadi pengalam aja ya mba
    semoga bisa teliti lagi memilih jasa ekspedisi

    BalasHapus
  6. Saya belum pernah ngalami sih mbak, seringnya pake yg udah pasti2 aja apalagi buat dokumen penting :)
    Ijin follow blognya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn sampe ngalamin ya mba.... ok silahkn,sy juga udh follow mb :)

      Hapus
  7. wah, kobisa gitu ya. saya juga biasanya pake ekspedisi yg sama dengan mba j** dan tak pernah ada keluhan

    BalasHapus
  8. semoga menjadi pengalaman ajah, dan semoga g trejadi lagi

    BalasHapus
  9. Wah, pasti bikin deg-degan tuh :( Aku ada jasa ekspedisi favorit, dari dulu langganannya itu karena gak pernah mengecewakan. Baca pengalaman kaya gini jadi makin malas coba-coba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy.. klo udh cocok jgn brpindah ke yg lain ya?heee

      Hapus
  10. Pengalamannya bisa jadi pelajaran buat teman teman yg lain ya mbak, terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  11. Wah jadi pelajaran juga nih untuk kita semua, Mak Aira. TFS, jadi kudu lebih hati2 nih, apalagi utk pengiriman dokumen berharga ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak al,klo isinya baju/makanan/printilan ga bakal ketar ketir bgt,klo ky paspor gitu kn ribet juga ya klo sampe ilang :)

      Hapus
  12. Waaah, saya saja yang membaca ikut ketar-ketir ini, Mbak. Jadi ingat dulu pernah mengirim paket buku ke Malang, eee... oleh jasa ekspedisinya tidak dikirim ke alamat malah dititipkan ke sebuah alamat (bukan kantor cabangnya) di kota dan yang saya kirim untuk mengambil sendiri. Jika memang tidak sanggup mengirim sampai alamat mbok ya bilang di depan. Lho, kok malah saya cerita panjang di sini, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ust bisa maen over2-an gitu,pasti itu krn ga pya kantor cabang/agen dikota yg dituju tpi bukunya selamet ya ust,alhmdlh.g pa2 cerita panjang juga disini mah bebas ust,heee

      Hapus
  13. Pelayanannya mengecewakan ya mak.... Gak bakal lagi pake jasanya...

    BalasHapus
  14. Kalo saya kirim brg yg penting pakai yg sudah terpercaya Mba. Meski telat memberi informasi ttg kedatangan brgnya tp mereka responsif lgs ditindaklanjuti.

    BalasHapus
  15. kalo barang urgent port to port. langsung ke penerima yang ambil. layanan ini 1 hari sampai hari itu juga ambil dibandara tapi biasanya tergantung flat, kalo flat pagi paket sebelum jam 10 pagi, kadang ada flat malam. tapi si sampe besok max pagi.

    lengkapnya langsung ke TKP
    http://exspedisincs.weebly.com/surat-muatan-udara-agent-smu-bandara-indonesia.html

    BalasHapus
  16. Jasa Kurir Motor Dalam Kota Sistem Langganan Bisa Bayar Belakangan Segera Gunakan Aplikasi Kurir GoGoEx Express Segera Hubungi 021 79199900 atau 0812 86608678.

    Apa Saja Keuntungan Anda Menggunakan Jasa Kurir Motor Jakarta Melalui GoGoEx Express?

    - Tarif Sangat Bersahabat. Hanya Rp 2.500/KM.
    - Tarif Berlaku Untuk Pengiriman Same Day Service - Dijamin Sampai Pada Hari Yang Sama, Kurang Lebih Maksimum Dalam Waktu 5 Jam.
    - Tarif Kurir Motor Berlaku untuk Pick Up dan Pengiriman ke seluruh area di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Bekasi, Tangerang, Depok.
    - Transportasi Pengiriman Menggunakan Motor. Berat Barang yang dapat dikirim Maksimum Sampai Dengan 25 Kg. Kalau Dihitung Per Kg nya, berarti Sangat Murah Bukan?
    - Anda Akan Dapat Lebih Berhemat Lagi, Bila Melakukan Order Multi Drop. Satu Kurir Motor Akan Melakukan Pengantaran Ke Beberapa Lokasi. Dijamin Akan Lebih Hemat.
    - Minimum Order Adalah Rp 15.000 Per Setiap Alamat.
    - Untuk Anda Sebagai Pelanggan Corporate Atau Anda Pebisnis Online, Manfaatkanlah Pembayaran Dengan Sistem Invoicing. Bisa Tempo 1 Minggu, 2 Minggu, 1 Bulan, Tergantung Permintaan Anda.
    - Setiap Saat Anda Dapat Melakukan Monitoring, Pelacakan Status Pengiriman Barang Anda.
    - Anda Akan Bisa Melihat Report Penggunaan Jasa Kurir Melalui GoGoEx Express Setiap Saat, Kapan Pun Cukup Akses Website GoGoEx Express.
    - Invoice Akan Dikirimkan Ke Email Anda. Anda Dapat Langsung Print dan Melakukan Pembayaran Dengan Berbagai Metode Pembayaran Yang Anda Pilih.

    Segera Hubungi Team CS GoGoEx Express Ke Nomor Telepon Di Profile Ini Untuk Order Jasa Kurir Express Jakarta Atau Anda Bisa Order Via Website GoGoEx Express Atau Download Aplikasi Nya di Google Play Store.

    Atau Bila Anda Pemain Ecomerce, Kami Siap Integrasi API Yang Akan Memudahkan Proses Order Jasa City Courier Anda. Segera Kunjungi Kantor GoGoEx Express Di Jl Mampang Prapatan Raya No 81 Jakarta Selatan Telepon : 021 79199900 Dan WA : 0812 86608678 untuk setiap kebutuhan Jasa City Courier Jakarta .

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)