Selasa, Juli 27, 2010

operasi amandel (tonsilektomi)



amandel adalah benteng pertahanan tubuh yang berfungsi sebagai pengontrol masuknya kuman ke dalam tubuh.apabila amandel bekerja terlalu berat akan terjadi peradangan,pekerjaan amandel akan makin berat jika didalam tubuh menumpuk sisa-sisa makanan akibat terlalu banyak makanan non organik,termasuk zat pengawet makanan,penyedap rasa dll.jika sudah radang itulah yang disebut penyakit amandel yaitu penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada permukaan selaput lendir.kalau sudah parah bisa menyerang dan merusak jaringan amandel.

apa yang dirasakan oleh penderita penyakit amandel?
  • pusing
  • demam tinggi
  • nyeri pada tenggorokan
  • badan lemah
  • mudah mengantuk
penyakit amandel saya kambuh kalau saya makan makanan yang pedas dan minum air es,perut terasa panas,tenggorokan sakit dan kepala pusing,rasanya badan lemas dan malas bergerak.penyakit amandel ini amat sangat menyiksa.                            

januari kemarin saya memberanikan diri untuk menjalani operasi amandel,sebenarnya penyakit amandel itu sudah saya derita sejak lama waktu saya masih kelas 1 sma,sering kambuh,tapi karena takut di operasi akhirnya operasi itu baru terlaksana januari kemarin.saya pilih di pavilliun seruni rumah sakit samsudin/bunut sukabumi,karena suasananya nyaman,perawatnya ramah,masjid dekat,alhamdulillah pelayanannya bagus,kamarnya nyaman ber-ac,dikamar mandi ada water heater,pokoknya puas deh..!sebelum operasi saya cek lagi amandel ke dr.oscar jauhari,sp.tht.kl(spesialis telinga hidung tenggorokan,kepala leher).dokternya senyum waktu saya bilang sudah berani untuk dioperasi(dr.oscar jauh-jauh hari sudah menyuruh saya untuk operasi).
hari selasa akhirnya saya dioperasi,saya pikir dibiusnya lokal,eh ternyata bius total,telanjang pula,hanya ditutupi kain tipis,deg-degan waktu masuk kamar operasi,untung suami selalu ada disamping saya,dia berusaha menguatkan waktu melihat muka saya pucat.

masuk kamar operasi,dibius oleh dokter anestesi di bagian pergelangan tangan,dan ketika sadar saya sudah ada diruang perawatan dengan tenggorokan serasa habis dicubit,tangan masih diinfus,langsung sama suami dikasih minum pakai sendok,2jam berikutnya dikasih bubur susu yang encer,kepala masih pusing akibat pengaruh obat bius,mata rasanya di lem,susah untuk melek.alhamdulillah malamnya pusing itu hilang,besoknya sudah bisa pulang.untuk biayanya (biasanya yang paling orang ingin tahu),biaya operasinya 3,5juta (harus dibayar dimuka ketika kita daftar),plus obat dll habis 5 juta,itu perawatan sehari semalam (tanpa askes).

atas saran dokter,selama 2 minggu saya harus makan dengan pola bertahap,pertama saya hanya boleh makan makanan yang encer kemudian sedikit kental,kemudian kental lalu boleh makanan yang keras,kira-kira butuh waktu selama 3 minggu-an baru tenggorokan akan terasa seperti sediakala.

apa yang di rasakan pasca operasi?alhamdulillaah pusing,demam,nyeri tenggorokan sudah tidak saya rasakan lagi,hanya tetap saya menjaga asupan makanan,jauhi zat pengawet dan penyedap makanan,kurangi makan pedas,kurangi minum es,usahakan agar perut selalu "adem" dengan banyak makan sayuran,buah dan makanan sehat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
semoga bermanfaat....

sumber:penyakitamandel.com

5 komentar:

  1. Halo teh, kunjungan balik nih =)
    Saya waktu melahirkan cesar bius lokal, ga enak jg udahannya. Lebih ga enak lg sadar waktu dioperasinya, berasa banyak yang ngelihatin, banyak dokter & perawat pria pula, dalam balutan baju operasi yang minimalis. Tapi ya sudahlah, yang penting selamat ya teh hehe..

    BalasHapus
  2. halo juga..
    makasih y dah berkunjung di blog saya,betul yg penting selamat.. alhamdulillah..

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak informasinya, sangat membantu sekali

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)