Senin, November 09, 2015

mau kerja di pengeboran minyak dan gas,apa saja syaratnya?

  83 Komentar    
categories: , , ,




beberapa bulan terakhir ini disekitar saya banyak yang terkena PHK,imbasnya calon tetangga sebelah membatalkan pembelian rumahnya,teman saya batal nikah karena sang calon mertua takut anak gadisnya kelaparan kalau nikah dengan pengangguran (segitunya ya??),duuhhh... saya suka mimpi ingin punya usaha yang membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.aamiin...

saya tulis postingan ini karena banyak yang kirim pesan via sms,email,fb dan social media lainnya.isi pesannya adalah mereka meminta dicarikan pekerjaan,tentu yang mereka tuju suami saya,eh iya sebetulnya tidak melalui pesan semua,ada juga yang bicara langsung ke suami.ada tetangga,teman,saudara dan yang lainnya.

masalahnya,siapalah suami saya?kan beliau cuma kuli di laut ^_^.meski suami saya tidak bisa memberikan orang lain pekerjaan setidaknya melalui postingan ini bisa memberikan sedikit gambaran tentang apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin bekerja di pengeboran minyak dan gas lepas pantai (drilling offshore),selanjutnya saya singkat dengan dos.

pengeboran migas itu ada dua macam,ada yang dilepas pantai(offshore),ada juga yang didarat (onshore).karena suami di offshore jadi yang saya jelaskan disini tentang offshore ya bukan onshore.RIG adalah semacam kapal yang didalamnya sudah dirancang sedemikian rupa sehingga kegiatan eksplorasi migas,dapur,kamar-kamar pekerja,ruang fitnes,ruang dokter,helypad juga tersedia disatu kapal yang disebut RIG ini.saya kadang penasaran sebesar apa sih RIG itu?suami saya bilang mungkin sama luasnya dengan kampung kami,hi hi.. yang pasti luas dan besar.

kerja di dos ini paling lama 2 bulan dilaut,1 bulan dirumah,kadang 1 bulan dilaut 2 minggu dirumah,istilahnya 8:4 dan 4:2(8 minggu:4minggu dan 4 minggu:2 minggu).semua tergantung perusahaan.jika dapat kontrak diluar negeri misalnya katakanlah di qatar,jangan berpikir dari indonesia ke qatar naik kapal laut ya?karena semua pekerja naik pesawat terbang,setelah sampai diqatar barulah pekerja dari dermaga naik boat,atau helikopter menuju RIG.

masalah gaji termasuk yang banyak ditanyakan,gaji dihitung dengan menggunakan kurs dolar amerika(usd),dapat kontrak yang berlokasi di luar indonesia ataupun diindonesia sama semua menggunakan usd.lebih baik pekerja memiliki rekening dolar,jadi gaji yang masuk "utuh" dalam bentuk dolar.

perusahaan-perusahaan migas biasanya bekerjasama dengan pihak ke 2 untuk menyeleksi pekerja,jadi pihak ke 2 itu semacam agen yang menyeleksi,mengurus tiket dan akomodasi pekerja,asuransi dll.nah ke pihak ke 2 inilah calon pelamar bisa memasukkan lamaran kerjanya.

berikut pertanyaan-pertanyaan yang masuk:
  • apakah pelamar harus sarjana?
tidak,tergantung posisi apa yang diminati
  • hal paling penting yang harus dimiliki pelamar
harus bisa berbahasa inggris,lisan maupun tulisan.tapi untuk beberapa posisi cakap berbahasa inggris lisan saja juga tak masalah.
  • sertifikat apa yang harus dimiliki?
yang paling wajib pelamar harus memiliki beberapa sertifikat diantaranya:
  1.  tropical BOSIET and travel safely by boat
  2. drilling certificate
  3. BST atau basic safety training
  4. HUET atau helicopter underwater escape training
  • posisi apa saja yang tersedia?diantaranya yaaa....
  1. driller
  2. asisten driller
  3. welder
  4. floorman
  5. roustaboat
  6. koki
  7. laundry
  8. dll.
  • kemana bisa memasukkan lamaran kerja?atau mencari info lowongan kerja dos?diantaranya yaaa....
  1. pt.trilink indonesia, menara ravindo 5th floor jl.kebon sirih kav.75 jakarta pusat.
    telpon: 021 319 24 964. www.trilink-indonesia.com
  2. pt.oilfield crew management indonesia, gading river view rukan city home blok m no 18 kelapa gading jakarta utara. telpon:021 2936-3678-87   www.ocbme.com
semoga postingan ini bisa sedikitmembantu ya,untuk yang masih menganggur semoga segera mendapatkan pekerjaan lagi,aamiin...

sumber gambar:
-oilman.com.au



83 komentar:

  1. Saya juga lagi nganggur, nih. Menarik pembahasannya. Ada alamat juga buat masukin lamaran. :)

    BalasHapus
  2. TFS mbak,jadi tahu apa-apa saja syarat bisa jadi karyawan di pengeboran minyak dan gas :)

    BalasHapus
  3. Job suami saya bikin sumur juga mbak, tapi di darat. Suamiku dr teknik sipil. Berat kali tugas suami kita ya, terkucil, jauh dari keluarga dg pekerjaan berbahaya. Semoga Allah melindungi suami2 kita. Minyak memang sedang lesu sekali, kami banyak2 doa. Dulu ada teman kos dr jurusan teknik geologi, perempuan tentu saja. Dia bilang, ada pantangan perempuan nggak boleh di RIG, ntar ada2 aja errornya. Bener nggak sih?

    BalasHapus
  4. Bilang mak : semangat!
    Hehr, semoga selalu dilimpahi berkahbya mak

    BalasHapus
  5. ..selesai kontrak offshore.. selesai semua.. mertua ga terima.. isteri disita mertua... sekarang luntang lantung.. mo kerja di darat tak ada yg cocok.. harus pintar cari muka sama bos... suka di bentak2 atas... ah mau dibilang sedih percuma kan.. yg jelas kecewa..

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Saya sangat tertarik bekerja di oil and gas company, salah satu impian saya. Tapi bagaimana cara saya agar saya bisa berkarir di oil and gas dengan status fresh graduate?
    Mohon bantuanya send via email

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut training2 dasar aja dulu mas,nanti baru coba masukin lamarannya,memang katanya kalo freshgraduate(blm berpengalaman) agak susah ya,tapi kalo persyaratannya terpenuhi pasti banyak yg membutuhkan juga tuh mas,semangat! :)

      Hapus
    2. Mbak aira mohon saya di bantu untuk bekerja di offshore, saat ini saya masih bekerja di kapal pesiar amerika posisi cleaner housekeeping. Jika masih bisa Saya hanya ingin menggunakan ijazah s1 Teknik Kimia saya. Saya akan ikut training BOSIET dan HUET, dan training yang lain yang bisa mendukung pekerjaan saya nantinya.
      Mohon arahan dan nasehatnya mbak..
      Atas perhatiannya saya mengucapkan banyak terimakasih.

      Hapus
  8. Balasan
    1. utk training apa?search aja di google,utk referensi ada pt.samson-tiara ,alkon,dll.semoga sedikit membantu ya...

      Hapus
  9. Saya cuma ada seamanbook passport,BST.AFF.dan SAT dan rating deck jg dive license.bisa tidak gan join di offshore ?

    BalasHapus
  10. ok,,,gagus ARTIKEL ini sangat memabantu,,salam Aira

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah jika membantu,terimakasih sdh berkunjung... salam kembali...

      Hapus
  11. Maaf pak mau nanya, gimana caranya supaya kita bisa diterima bekerja di pertamina khususnya di kapal? Saya sarjana ekonomi, sulit mendapatkan pekerjaan. Di benak saya, yang penting bisa kerja. Saya di Medan, mohon pencerahannya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pak,suami sy tidak bekerja di/untuk pertamina

      Hapus
  12. klo ada pemasangan isolasi utk pipa panas..sy berminat

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ditanyakan ke perusahaan2 nya ya pak ttg tersedia/tidaknya lowongan kerja tersebut,terimakasih

      Hapus
  13. Mba sy mw tanya, mungkin sj mba tw infony,calonku kerja di onshhornya Pertamina, bener ga sih klw mw mnta ijin cuti nikah harus di berikan data calon istri, lalu diminta utk datang & ttd.surat nya, setelah itu baru bisa di acc cutinya.
    Atau misalkan si calon tdk bs datang solusinya harus byr jasa org dlm agar bs di acc cutinya.

    Mohon dibantu info kebenaran nya.

    BalasHapus
  14. Mba sy mw tanya, mungkin sj mba tw infony,calonku kerja di onshhornya Pertamina, bener ga sih klw mw mnta ijin cuti nikah harus di berikan data calon istri, lalu diminta utk datang & ttd.surat nya, setelah itu baru bisa di acc cutinya.
    Atau misalkan si calon tdk bs datang solusinya harus byr jasa org dlm agar bs di acc cutinya.

    Mohon dibantu info kebenaran nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh maaf baru dibalas... klo pertanyaannya mungkin/tdk?ya mungkin saja peraturannya begitu mba,cuma suami sy bkn dipertamina jadi kurang faham aturan yg berlaku disitu.saran saya nikahnya pas off kerja aja mba,kan ada saatnya off kerja?misal kalo di offshore itu ada istilah 28:28 berarti on 28 hari off 28 hari,semoga membantu ya jawaban sy,terimakasih sdh berkunjung... :)

      Hapus
    2. no no,, itu setau saya nda ada aturan begitu mbaaa.. itu modus penipuan

      Hapus
    3. Mas alif komputer bisa kita ngobrol lebih dalam... saya ada perlu bantuan

      Hapus
  15. Permisi, izin download fotonya ya, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan foto saya pak,silahkan baca pada tulisan paling akhir sudah sy cantumkan sumber gambar aslinya,terimakasih

      Hapus
  16. kalo mau daftar masih ada lowongan gak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba saja pak masukan lamaran ke perusahaan2,semoga beruntung..

      Hapus
    2. Saya mau tanya biaya dr laut k darat naik speedboat brp ya... Soalnya tmn saya ada d offshore mau k darat

      Hapus
  17. mbk apa biasax syarat cuti nikah bgi pkrja migas di tengah laut, dan apakah bnr membutuhkan biaya administrasi buat mngajukan cuti itu, mksh atas jwbnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau sy kerja di migas/off shore itu kan ada on dan off nya,knp harus cuti?gunakan aja wktu off nya utk menikah,sepengalaman suami tdk pernah ada pungutan/biaya apa2 klo kerja di drilling offshore/pengeboran migas lepas pantai,semoga membantu ya mba...

      Hapus
    2. iya hati2 penipuan,tmn saya dimintai uang utk bantu nebus cutinya dg alasan sewa helikopter utk ke darat.. untumg dia ga mw transfer..hati2 modus

      Hapus
    3. Kasusnya sama kaya saya. . Sewa speedboat 9.6juta...dan katanya setelah d darat mau d rembes atau d balikin k saya ternyata msh ada lg hrs byr pajak trs bayar pinalti... Pajak 24...jt pinalti 24....jt

      Hapus
  18. ada batasan umur ga sih gan ,,aq soalnya dah umur 35 thn,tpi minat tuh sama offshore

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo 35 masih bisa banget pak,dicoba aja pak smg beruntung ya..

      Hapus
  19. Maafgan,Saya mahasiswa teknik pertambanagan (metalurgi material)Apakah mudah untuk masuk kerja di migas,pertamina?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba masukin lamarannya,mudah/sulit tidak ada jaminan ya jadi dicoba saja,semoga beruntung...

      Hapus
  20. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat. Untuk lulusan S1 teknik pertambangan peluang kerja di sektor migas ada gk? Dan bagaimana langkah2nya.Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langkah pertama tentu saja mencari perusahaan yg bergerak dibidang pertambangan,langkah selanjutnya cari info lowongan kerjanya sekiranya membutuhkan lulusan sesuai background pendidikan anda,semoga sukses ya...

      Hapus
  21. menarik postingannya ..tapi saya belum paham mengenai ke4 sertifat diatas..bisa tolong dijelaskan satu persatu..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. disearch di google aja mas,banyak kok penjelasannya :)

      Hapus
  22. Itu mba tiketnya di kasih perusahan smpe rumah' klo cuti

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul tiket sampe rumah ditanggung perusahaan

      Hapus
  23. Hi mba..
    Sy punya anak lelaki masih kelas 3 SMA, dia berminat untuk kerja dibidang oil & gas karena gajinya yg menarik.

    Masalahnya sy buta sama sekali tentang itu, dan saya tidak mau menguliahkan anak saya mengingat waktu 5tahun yg harus dijalani.

    Apakah ada sekolah khusus utk menjadi pekerja offshore, yang tidak harus kuliah 5tahun?
    Jika ada mohon referensinya dong mba,
    Terimakasih banyak bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ikut training2 nya saja bu,bisa di search seperti samson-tiara,alkon,atau pusat training punya dirjen pertambangan dan energi yang ada di cepu,setelah punya sertifikatnya bisa dicoba masukan lamaran ke perusahaan-perusahaan,semoga sedikit membantu ya jawaban saya.maaf baru dibalas terimaksih sudah berkunjung,salam hangat bu..

      Hapus
  24. Suami saya sdh memiliki sertifikat drilling OMB2 skkmigas.
    Saya mau bertanya di manakah manakah tempat pembuatan
    1.Tropical BOSIET and trafel safety by boat,
    2.BST and HUET.
    treima kasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Check offshore survival di johor baru malaysia. Bosiet, nebosh etc

      Hapus
  25. coba disamson-tiara cilegon bu,hubungi no administrasinya utk melakukan registrasi training di wwww.samson-tiara.co.id

    BalasHapus
  26. dmn bs dpt srrtifikat dimaksut

    BalasHapus
  27. Kok bisa ada yang di bekukan gajixa sampai 28 bulan... Trus kalau ngurus cuti harus bayar sekian juta... Apakah itu benar atau salah... Mohon dibls

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga kjdian sma sy , apa bnar dia mngaku kerja di PT.mega petro synergy maluku taliabu

      Hapus
    2. Sama bgt kasusnya kaya saya taliabu... Transfer k rekening andri.. Funance bayu sm angga.. Trs ada jeff sm amir. Itu nama yg tlp saya

      Hapus
    3. Saya juga sama.. Kena juga.. Tapi perusahaan PT. franklin Offshore Australia Pty Ltd.. Harus bayar cuti pribadi alasan untuk nikah dan harus ganti biaya speedboat atau helikopter. Dan saya baru baca trnyt modus penipuan.. Astaga..kena tipu saya 😢

      Hapus
    4. Untuk daerah Taliabu - malibu

      Hapus
    5. Pelakunya namanya Andrean Runaqo dengan Gugun Gunawan orang yang saya transfer sejumlah 8.2jt

      Hapus
    6. Setelah itu wa off.. Ig off.. Kaburr.

      Hapus
    7. Hati2 dengan pelaku bernama Andrean Runaqo yg ngeadd anda di fb, keluarga saya hampir kena. Kalo orangnya baca ini, hati2 saja karena saya kenal dekat dengan orang intel

      Hapus
    8. Wahh mba kebetulan ni sy ketemu sm yg namanya andrean runaqo itu. Ngakunya kerja di pt.mdm batam. Ngomong manis mw ngajak nikah trus blg mw ngajuin resign krn mw dekat sy. Minta bwt urus cuti butuh uang untuk kapal ke darat dg alasan gaji dideposito. Minta foto ktp, kk, rek.bank blgnya mw dicairkan ke rek calon istri. Rasanya aneh... Setelah baca2 barulah tau penipuan. Pakai foto punya khairul amri ramlee yg ternyata org malaysia. Ini nomer andrean runaqo +6281381833885 boleh dilacak saja. Ktp nik dg nama gak sesuai tp dy berkelit trus, foto jg ketauan palsu masih berkelit sampai maksa vc dg fake vc. Parahhh

      Hapus
    9. Waaahh...untung aq baca artikel ini.. iseng2 aja sih..searching2 ttg andrean runaqo di mbah Google..eeeh muncul juga artikelnya..dia baru aja add aq di Salah satu sosmed..daaan sama ceritanya..lgs ngajak nikah..untung baru sehari ini kenal.dan aq ga percaya gitu Aja..lebih percaya ke mbah Google yg lebih akurat beritanya..nmr telpnya juga sama 081381833885..Ni msh wa sm aq..kerjain Aja aaah gantiaaaann..hahaa

      Hapus
    10. Saya juga kena tipu modus ngajak nikah dan cuti pribadi ada uang adminnya yg hrus ditebus. Kalo ada yg add atas nama Iman Fadillah hati2.

      Hapus
    11. Alhamdulillah,aku jg hampir kena tipu jg,dgn alasan mau ambil cuti pribadi dan dia minta sejumlah uang utk biaya speedboat dan heli. Atas nama nizam prayoga

      Hapus
  28. Apa benar mb,kalau kerja di off Shore perusahaan asing gaji dideposit bagi yg single,akan cair kl akan menikah? Mhn dibalas

    BalasHapus
  29. Apa benar mb..kalo kerja di off Shore perusahaan asing gaji dideposit bagi yg single dan akan cair pada saat mau menikah..? Mhn dbls

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo deposito blm jangka waktu ga akan cair. . Bnyk kendala hrs byr NPWP 24....JT... trs pinalti deposito 1persen senilai 24...0jt..itu yg saya alami... Smpe skrg org yg sy ksh pinjem gad kabar

      Hapus
  30. Apa benar mb..kalo kerja di off Shore perusahaan asing gaji dideposit bagi yg single dan akan cair pada saat mau menikah..? Mhn dbls

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati hati modus penipuan ya temen2,bnr kata mb aira kl kerja di offshore kan ada on dan ada wktu off ngapain ngambil cuti.. nnti modus minta transfer uang utk ngurus cuti atw sewa helikopter spy bs ke darat. jgn percaya ya.. mereka kl bnr krj di kapal.pst pny uang sendiri kl mw off atw ke darat..be smart woman

      Hapus
    2. Betul itu... Saya aja kena 12 juta 100rb transfer k rekening BRI atas nama andri... Hati2 dgn nama bayu angga amir jeff.. Mahesa

      Hapus
  31. Sangat membantu.... Good jobs

    BalasHapus
  32. Kalo kita nglamar di bag laundry... Brp lama kontraknya dan brp gaji perbulannya.. Trus brp orng crewnya... Trims

    BalasHapus
  33. Tertarik,, pengalaman hanya sumur dalam,, paling dalam bor kedalaman 250m
    Mulai blajar ikut sumur bor 2006.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Usia 46 Tahun bisa bekerja d sektor migas ...Pengalaman cuma di maintenance listrik manufacture

    BalasHapus
  36. Sore mba trimkasih info lowongan nya boleh suamiku bisa masak dan pingin coba ngelamar jadi koki boleh tau detailnya aoa apa aja syaratnya dan kirim lamaran nya langsung kealamat nya gedung ravindo mohon pencerahannya

    BalasHapus
  37. hmmm susah juga ya kal lom dapet sertifikat yg dituliakan diatas... ada keinginan tp syaratnya komplit bgt... padahal yg minat tuk bekerja banyak banget.ok deh salam super tuk artikelnya

    BalasHapus
  38. Saya seorang Floorman tapi saya bisa bekerja sebagai Direckman.Mungkin kalau ada informasi buat saya karena sa'at ini lagi tidak ada pekerja'an.Saya ada di rig on shore.Terimakasih.....

    BalasHapus
  39. Saya mau tanya bisa gak kita cek nama pegawai yg kerja di franklin offshore. Dengan nama dan fotonya saja.

    BalasHapus
  40. Dan sy mau tanya apa benar pekerja disitu tidak bolah video call dgn org lain..atau kluarga?? Yg katanya camera hp untuk vc di block it perusahaan..

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah masih terhindar dari penipuan yg ceritax sama cerita teman teman di atas. Untung saya cepat cek google dan dapat info ini. Terima kasih informasinya sangat membantu

    BalasHapus
  42. Nama andrean runoqo sekarang memakai nama athaa lazkha di fb,hati" aja

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)