Senin, Agustus 23, 2010

miskin dan kaya

  No comments    
categories: ,
diriwayatkn dari abu dzar alghifari ra. bahwasanya para sahabat rosul berkata:y rosulullah,orang2 kaya telah memborong banyak pahala,mereka salat sebagaimana kami shalat,mereka berpuasa sebagaimana kami puasa,dan mereka bersedekah dgn kelebihan harta mereka!rosul bersabda:'bukankah Allah telah menjadikan untuk kalian sesuatu untuk kalian bersedekah?sesungguhnya setiap tasbih sedekah,tahmid sedekah dan tahlil sedekah,amar ma'ruf sedekah,nahi munkar sedekah,dan pada kemaluan terdapat sedekah" para sahabat berkata:"wahai rosul,jika salah seorang diantara kami memenuhi syahwatnya padanya trdapat pahala?" rosul mnjawab:"bagaimana pendapat kalian jika ia meletakkannya di tempat yg haram,adakah ia mendapatkn dosa?demikian juga jika ia meletakkannya pada yg halal,maka terdapat pahala baginya."(HR.muslim) pada kitab azzakat,bab bayan anna isma ash-shodaqoh yaqo'u 'ala kulli ma'rufin,hadits no.720.

KANDUNGAN HADITS
hadits ini menjelaskan tentang masalah2 penting,diantaranya:masalah miskin-kaya,masalah persaingan dan kompetisi,cakupan pengertian sedekah secara luas,masalah niat dan tidak niat bagi seorang muslim dalam urusan kesehariannya,masalah penggunaan analogi.

MISKIN KAYA
diantara yg dibahas oleh hadits arba'in yg ke 25 ini adlh masalah miskin dan kaya,para sahabat rosul yang miskin merasa sedih karena mereka tidak dapat berbuat seperti yg diperbuat orang kaya.mereka "iri" karena peluang pahala orang kaya lebih besar daripada orang miskin.iri sperti ini bukan hasad tapi ghibthah(iri dalam konotasi positif)dan ini diperbolehkn.
bolehkah seseorang bercita2 mempunyai banyak harta?
ada perumpamaan seperti ini:
  1. seseorang yg oleh Allah diberi harta dan ilmu,lalu ia mengamalkannya dan menginfakkan pada hak harta itu.
  2. seseorang yg diberi ilmu dan tidak diberi harta,lalu dia berkata:"andai saja saya memiliki apa yg dimiliki orang ini(org pertama),maka saya pun melakukan'y paada hartaku.
  3. se2orang yg diberi harta dan tidak diberi ilmu,lalu ia menbelanjakan harta'y bukan pada hak'y.
  4. se2orang yg tidak diberi ilmu dan harta,lalu ia berkata:"kalau saya memiliki apa yg orang ini miliki(org ke3),maka saya pun akan berbuat yang sama sepertinya.       
  • rosul bersabda :"kedua orang ini (3&4)mendapatkan dosa yang sama.(hadits diriwayatkan oleh ibnu majah,hadits no.4228/shahih wa dha'if sunan ibnu majah)

0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)