Rabu, Agustus 13, 2014

kecamatan cisaat kabupaten sukabumi,dulu dan kini



 kecamatan cisaat

cisaat adalah salah satu kecamatan di kabupaten sukabumi provinsi jawa barat indonesia.luas wilayah 23.3 kilometer persegi.jumlah penduduk 113.900 jiwa dengan kepadatan penduduk 4912 jiwa/kilometer persegi.kecamatan cisaat terdiri dari 13 desa/kelurahan,yaitu babakan,cibatu,cibolang kaler,cisaat,gunung jaya,kutasirna,nagrak,padaasih,selajambe,sukamanah,sukamantri,sukaresmi dan sukasari.(sumber disini)


patung ikan,landmark cisaat (sumber gambar disini)

desa cibolangkaler kecamatan cisaat adalah kampung halaman saya,meskipun saya tidak dilahirkan dicisaat tapi sejak saya berusia 3 tahun saya tinggal dicisaat hingga saya besar dan sekolah.lebih tepatnya cisaat adalah kampung halaman almarhum bapak saya,keluarga dari bapak banyak yang tinggal di kecamatan cisaat ini.kecamatan cisaat dikenal dengan banyaknya pesantren dan sekolah swasta nya,dari mulai pesantren al-masthuriyah,sunanul huda,sirojul-athfal,yasti dll.cisaat juga terkenal dengan kerajinan pandai besi nya yaitu didesa cibatu,didesa cibatu ini banyak sekali kita temukan pengrajin-pengrajin pandai besi rumahan sampai industri besar ada disini,dari mulai pisau rumah tangga,sangkur,pedang,belati,pagar tralis,golok,kanopi,gypsum dll.

pasar cisaat

dulu waktu saya masih duduk di sekolah dasar,pasar cisaat terletak di samping masjid agung cisaat/qubbatul muttaqin(yang sekarang berubah menjadi kantor kecamatan cisaat)sekarang pasar cisaat berpindah tempat ke jalan kadudampit( belokan polsek cisaat),bahkan 2 tahun yang lalu pasar ini mulai direnovasi dan kini sudah berganti menjadi pasar semi modern cisaat.setiap pulang kampung saya tidak berkesempatan untuk "nengok"  pasar cisaat hingga libur lebaran kemarin saya sempatkan berkunjung ke pasar cisaat,dan.... takjub!sekarang pasar cisaat berubah,jalan-jalan diperlebar,lebih teratur,tidak becek dan bawa syafieq pun terasa nyaman-nyaman saja ^-^.

pasar semi modern cisaat

developer pembangunan pasar cisaat yaitu pt.bangun jaya allia dengan dirut nya yaitu a lai hok melhan membuat konsep menempatkan para pedagang kaki lima di tengah ruko,sehingga ketertiban kenyamanan dan kebersihan lebih mudah dilaksanakan.bupati sukabumi yaitu bapak sukmawijaya pun memprediksikan dilihat dari kwalitas bahan baku bangunan,ketahanan pasar cisaat bisa hingga 40 tahun.(sumber disini)

bupati sukabumi berkunjung ke pasar cisaat(sumber gambar disini)


 jalur lingkar selatan sukabumi


peresmian jalur lingkar selatan sukabumi oleh gubernur jabar(sumber gambar disini)

 kini kecamatan cisaat diprediksi akan lebih menggeliat lagi dalam sektor ekonomi dan bisnis,karena jalur lingkar selatan kini sudah diresmikan dan jalur lingkar selatan ini secara otomatis mengurai titik-titik kemacetan di kecamatan cisaat.jalur lingkar selatan ini dibangun dari mulai kampung cibolang desa cimahi kecamatan cicantayan hingga mencakup wilayah cibatu,cisaat,sukamantri,dan sebagian wilayah kotamadya sukabumi.pembangunan jalur lingkar selatan ini menelan biaya 77,8 milyar rupiah yang berasal dari apbd jabar 2011-2012.jalur lingkar selatan ini diresmikan oleh gubernur jawa barat ahmad heryawan pada awal 2012 lalu.(sumber disini)

masjid provinsi jabar di jalur lingkar selatan sukabumi(sumber gambar:sukabumi aero modelling)


taman wisata alam situ gunung

diwilayah cisaat ini terdapat tempat wisata alam yaitu situ gunung,(setelah pemekaran situ gunung kini masuk ke kecamatan kadudampit),situ gunung dengan danau buatannya terlihat begitu indah sejuk dan asri,dikelilingi alam sub pegunungan dan hutan tanaman damar.situ gunung ditetapkan sebagai taman wisata alam berdasarkan surat keputusan menteri pertanian nomor 461/Kpts/Um/11/1975 tanggal 27 Nopember 1975 seluas 100 Ha.

situ gunung (sumber gambar disini)


Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson TWA Situ Gunung mempunyai tipe iklim B dengan curah hujan berkisar antara 1.611-4.311 mm per tahun dengan 106-187 hari hujan per tahun. Suhu udara berkisar 160C � 280C dan kelembaban rata-rata 84%.(sumber disini)

cisaat dengan segala fasilitas,udara sejuk,keindahan,sejuta kenangan dan keberadaan keluarga saya disana akan selalu saya rindukan setiap saat,semoga cisaat tambah berkah dan maju disegala bidang.

8 komentar:

  1. Belum pernah ke cisaat, saya doakan semoga kota-kota di indonesia tambah maju di segala bidang

    BalasHapus
  2. Aih Cisaat...
    Oh, Teteh kapungkur lingguh di Cibolang kaler geuning. Tah, ayeuna abdi tur kulawargi bumi di Rambay Wetan. Ari orang tua abdi mah di Kebon Kawung. Abdi ngajodo sareng urang Cikiray, Rambay Kaler kapendak zaman abdi sakola di SMAN Cisaat di Mabgkalaya...
    Beberapa posting abdi aya nu nyarioskeun tentang Pasar Cisaat, Taman kota Cisaat, Curug Sawer...
    Hayu atuh Teh iraha-iraha amengan ka Cisaat...
    Salam ti abdi di Rambay, Sukamantri,

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhun kang... oh di rambay?alhamdulillah bingah terang info na,muhun kapan2 kang pami pulkam insya Allah...:)

      Hapus
  3. Saya pernak ke cisaat, sungainya masih sangat jernih sekali dengan hamparan bebatuan yang besar, adem sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sampai sekarang sungai2 disini alhamdulillah msh jernih,smg tdk tercemari,terimakasih sdh berkunjung :)

      Hapus
  4. Saya pernah tinggal di cisaat tepatnya di selaawi selama 3 tahun pesantren disana pengen kesana sekali kali sewa vilaa yang dekat tempat wisata mbk aira tau ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal di tangsel mana mbk? Saya di pondok aren

      Hapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)