Kamis, Agustus 07, 2014

masjid annuur sukabumi

  4 Komentar    
categories: , , , ,
masjid bermakna tempat bersujud yang berasal dari kata sajada-sujud dalam bahasa arab yang bermakna tunduk,patuh dengan penuh hormat dan takdzim.dalam pengertian sehari-hari masjid merupakan tempat beribadah nya kaum muslimin.tetapi karena akar katanya bermakna patuh,maka hakikatnya masjid adalah tempat bagi kaum muslimin untuk melaksanakan aktifitas kepatuhannya kepada Allah semata.(sumber disini)

dari hari ke 3 syawal sampai hari ke 12 syawal ini saya masih dikampung halaman kota sukabumi tercinta,mau pulang ke jakarta rasanya malas ^-^,mumpung masih disukabumi kali ini saya sempatkan menulis tentang salah satu masjid yang bersejarah buat saya dan keluarga saya pada khususnya,umumnya bagi masyarakat sekitar.

masjid annuur tampak dalam


masjid annuur.. begitulah dulu almarhum kakek saya menamai masjid ini.bukti kecintaan beliau pada istrinya yang bernama hj.nurkholillah diambil lah kata annuur untuk masjid ini.kakek saya h.kholilulloh membangun masjid ini pada tahun 1943 sebagai cikal bakal pembangunan pesantren di tahun 1958.masjid annuur bertempat di kompleks pesantren sirojul-athfal jl raya cibaraja tipar rt 054/012 desa cibolang kaler kecamatan cisaat sukabumi.


masjid annuur tampak luar

di usianya yang sudah 71 tahun masjid ini masih tetap berdiri kokoh meskipun tak megah,aktifitas pengajian santri,berjamaah sholat,sholat jum'at,pengajian ibu-ibu setiap hari selasa pagi,pengajian bapak-bapak setiap kamis malam ba'da isya' masih terus berlangsung dari dulu berdiri hingga kini.
sekarang di samping masjid terdapat 4 makam pendiri masjid beserta putra-putranya,yaitu makam h.kholilulloh,hj.nurkholillah,h.badrun munir,h.muhammad jihad.salah satu putranya yang lebih dahulu wafat yaitu h.syaifulloh dimakamkan tidak jauh dari lokasi ini.




selama mudik lebaran ini saya lebih banyak tinggal dirumah saja karena kondisi yang kurang sehat,berhubung lokasi masjid pas didepan halaman rumah jadilah tiap hari syafieq mainnya dimasjid saja ^-^,syafieq maunya ke masjid terus setiap ditanya jawabnya "apik mau ke ajid mau ke makam aki" ^-^.


syafieq didepan masjid annuur :)

4 komentar:

  1. Saya dulu sering lewat Cisaat. Sebab saya tinggalnya di Jampang Kulon. Tapi belum pernah berkunjung ke masjid An-Nur.

    Semoga bisa lain kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak kapan2 mampir... trimakasih sdh berkunjung...:)

      Hapus
  2. Syafieq mau sholat ya... yuk jamaah... :D

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)