Minggu, Oktober 01, 2017

khitan dan perawatan paska khitan

  2 Komentar    
categories: , ,





sudah lama tidak menulis diblog kali ini saya akan membahas tentang khitan atau sunat.dalam wikipedia dijelaskan sunat atau khitan atau sirkumsisi (circumsision) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian kulit penutup depan dari penis.

ditinjau dari segi agama khitan adalah sunnah yang sudah ada sejak dahulu kala,dalam sejarah dikatakan bahwa nabi ibrahim dikhitan ketika sudah berusia 80 tahun sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadits:
dari abi hurairah rosulullah bersabda:"ibrahim berkhitan setelah mencapai usia 80 tahun,dan beliau berkhitan dengan al qodum"(hr.bukhari).

hukum khitan ada tiga,1.wajib bagi laki-laki dan perempuan 2.sunnah bagi laki-laki dan perempuan 3.wajib bagi laki-laki dan sunnah bagi perempuan (shohih fiqh sunnah 1/98).

saya pernah baca dan dengar bahwa dikhitan itu salah satu tujuannya untuk membersihkan karena diujung penis itu tempat berkumpulnya kotoran,benarkah?ternyata benar,dibuktikan ketika 3 minggu yang lalu anak saya syafiq dikhitan di ujung penis itu betul kotor,bayangkan saja sejak lahir sampai anak umur 5 tahun ujung lobang kencing itu pasti kotornya karena saya mana bisa membersihkan sampai ke dalam lobangnya?iya kan?

alhamdulillah saya sangat bersyukur ketika dari 2  bulan yang lalu anak minta dikhitan,dan karena saya maju mundur akhirnya 3 minggu yang lalu baru terlaksanalah khitanannya.saya memilih khitan di dokter umum yang kebetulan tetangga dikomplek,cukup berjalan kaki kami sudah sampai ditempat khitan.pak dokter meminta saya datang hari jumat jm 5.30 pagi,duh dari hari kamis perasaan saya galau tidak karuan,ketika saya suami dan syafiq keluar dari rumah menuju rumah pak dokter perut saya luar biasa mules,sedikit gemetar mirip-mirip saat menjelang sidang zaman kuliah dulu,hi hi..

sebelum masuk ruangan ajak anak ke toilet tawari untuk buang air kecil atau besar.yang pertama dilakukan oleh dokter adalah menyuntikkan cairan bius dibagian atas penis,uuhh anak saya histeris pas disuntiknya,kemudian dokter membuka ujung penis untuk dibersihkan lalu dipotonglah ujung penis menggunakan sinar laser,setelahnya ujung-ujung kulit penis yang sudah terkelupas dijahit kalau tidak salah ada 3 titik simpulan benangnya.dioles salep bening lalu diperbanlah sekeliling ujung penisnya,jadi yang terlihat hanya lobang untuk pipisnya saja.

sekitar 20-30 menit kami berada diruang praktek dokter yang terasa sangat menegangkan,akhirnya selesai juga syafiq dikhitan.percaya tidak?sepulangnya dari dokter seluruh badan saya bermandi keringat,terasa lemas tapi jauh dilubuk hati yang paling dalam ada rasa plong dan syukur yang tak terhingga atas lancarnya khitanan syafiq,entahlah apakah ibu-ibu yang lain pun lemas lebay seperti saya atau tidak saat anaknya disunat ^_^.

setelah sampai rumah syafiq terus menangis katanya menyesal disunat,kapok tidak mau disunat lagi,heee... 30 menit kemudian syafiq meringis katanya "burungnya" sakit,itu tandanya efek bius sudah hilang lalu saya memberikan obat yang diberikan dokter.seingat saya dari jam 6 pagi hingga jam 11 siang setiapnya jam nya syafiq meringis sakit,tapi setelah lewat jam 11 tidak lagi meringis sakit.ohya,obat yang diberikan dokter itu anti nyeri,antibiotik,vitamin dan salep untuk mengolesi luka sunatnya.

beruntung pak dokter memberi syafiq celana sunat jadi anak lebih pede untuk berjalan,saat tidur pun dia pede untuk memiringkan badannya karena celana sunat itu menjaga area penis dari benturan.saat malam tiba saya sebetulnya sedikit was-was takut syafiq nangis atau tidak bisa tidur seperti yang orang lain bilang,tapi alhamdulilah tiap malam tidak ada keluhan syafiq bisa tidur dengan nyenyak.




merawat luka khitan gampang-gampang susah,area penis tidak boleh terkena air selama 3 hari,setelah pipis cukup dengan mengelap ujung penis dengan tisu kering.selama 3 hari pula anak saya tidak mandi hanya dilap pake air hangat dan tisu basah.hari keempat kami kontrol lagi ke dokter,perbannya dilepas dan terlihatlah penisnya agak bengkak,dokter bilang itu normal.

nah pasca dilepas perban ini perawatan luka jadi sedikit ribet,area sekitar sehari dua kali dibersihkan dengan kain kasa yang diolesi cairan alkohol,hati2 agar tidak terkena area luka.area luka dioles betadin/salep dari dokter.sekitar luka akan benar-benar kering setelah 7 hari (menyerupai koreng-koreng),dihari ke 8 tiap pagi syafiq saya rendam diair hangat yang sudah diberi cairan antiseptik,area penis harus terendam sempurna.setelah 20 menitan keringkan badan anak,sekitar penis keringkan pakai kain kasa/tisu.area luka dioles dengan minyak zaitun,beberapa jam kemudian ulangi olesi lagi dengan minyak zaitun,besoknya luka-luka keringnya perlahan-lahan terlepas.dihari ke 12 semua luka keringnya sudah terkelupas,sisa simpulan benang dibekas jahitan pun terlepas semua.

nah buat orang tua yang mau mengkhitankan anak tidak usah galau dan lebay seperti saya ya karena sebenarnya khitan dan perawatannya akan berjalan lancar selama kita mengikuti saran dokter,jangan terlalu percaya omongan orang yang terkesan menakut-nakuti,percayalah semuanya akan baik-baik saja ^_^.


sumber gambar:
1.toko sajadah.com
2.lazada







2 komentar:

  1. pengalaman yg sama di alami sy dn suami.. ini bru berjalan 5 hr.. msh dlm ms ms sulit perawatan utk penyembuhan anak kami jg msh srng nangis2 aplg anak kami d khitan pd usia 12 thn.. mksh utk share nya y

    BalasHapus
  2. Mama sfayiq.. Cairan antiseptiknya yang untuk berendam merk apa ya?. Terima kasih

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)