Rabu, Desember 15, 2010

gastronomi kelas tinggi

  No comments    
categories: 
GASTRONOMI KELAS TINGGI

1.SAFFRON.

saffron termasuk salah satu bumbu ciri khas eropa atau mediterania.bumbu ini berasal dari putik bunga tanaman 'saffron crocus' .putik bunga dikeringkan hingga menghasilkan helaian kering dengan aroma yang tajam,tiap 1/2 kg berharga 500-5000 USD,fantastic....!

2.ESCARGOT.

adalah nama hewan yang berarti siput,escargot memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak.diindonesia escargot didalam bentuk kalengan.

3.TRUFFLE.

jamur ini harganya selangit,tiap 1 kg mencapai 2000 euro,jamur ini dikokohkan sebagai salah satu king of mushroom.jenis white truffle memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan black truffle.walau sempat dibudidayakan,toh penikmat kuliner sejati tetap mencari truffle liar,karena dipercaya mutunya lebih baik.

4.CAVIAR.

asal muasal caviar(telur ikan) punya banyak versi.namun sebagian besar menunjuk persia sebagai yang pertama mempopulerkannya dengan sebutan 'chav jar' (sumber kekuatan),karena dikonsumsi sebagai obat pemulih stamina.

5.FOIE GRAS.

foie gras merupakan sajian berkelas dari hati angsa dan bebek yang diternak secara khusus.hasilnya mengandung lemak tinggi dan bertekstur sangat lembut.ukurannya pun jumbo,berat sepotong 'gose liver berkisar antara 700-900 gram,bahkan bisa mencapai 2 kg.sepotong foie gras berkisar 200 USD.

6.SARANG BURUNG WALET.

burung walet adalah satu-satunya mahluk yang air liurnya begitu berharga.dari air liurnya yang kental dan mengering jika terkena udara.sejak zaman cina kuno bangsawan cina mengkonsumsi sarang burung walet.mereka percaya memiliki efek afrodisiak.sarang burung walet dijual dalam bentuk kering harganya mencapai 3000 USD/kg.wowwww...!

7.IKAN FUGU.

8.WAGYU.

0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)