Rabu, April 30, 2014

menyusui anak orang lain,bolehkah?




di media online banyak kita temukan grup-grup,dari mulai grup jual beli,pendidikan,asuransi,dan banyak lagi.kebetulan saya bergabung dengan sebuah grup ibu2 menyusui,seputar asi dan permasalahannya menjadi topik utama di grup ini.di grup ini banyak juga pendonor asi,banyak pula yang mencari pendonor asi karena berbagai alasan dibelakangnya.sebetulnya boleh tidak ya menyusui anak orang lain?

bagi umat islam mungkin banyak yang sudah tahu,bahwa dalam sejarah nabi kita nabi muhammad saw sewaktu beliau bayi beliau disusui oleh seorang perempuan yang bukan ibu kandungnya,nabi muhammad disusui oleh halimatussa'diyah.kalau begitu berarti boleh dong kita menyusui anak orang lain?jawabannya tentu saja boleh.. dalam islam dikenal dengan istilah arradha'ah,yaitu menyusunya seorang anak kepada perempuan yang bukan ibu kandungnya.hanya yang harus kita fahami adalah akibat dari susuan itu secara syar'i.yaitu timbulnya hubungan mahram antara bayi yang disusui dengan perempuan yang menyusui.karena susuan merupakan salah satu sebab dari 3 sebab timbulnya kemahraman yang mengharamkan pernikahan,yaitu:


  1. adanya hubungan darah/pertalian nasab,seperti ibu,saudara kandung,saudara perempuan ayah/ibu. 
  2. adanya hubungan perkawinan,seperti:istri dari anak laki2(menantu perempuan),dan ibu dari istri(mertua).
  3. karena adanya hubungan susuan.
jika seorang perempuan menyusui bayi orang lain otomatis anak tersebut menjadi anak perempuan tersebut,yaitu menjadi mahramnya.jika memenuhi 2 syarat berikut:

  1.  proses menyusui dilakukan ketika usia bayi tersebut dibawah dua tahun,jika anak tersebut disusui ketika usianya diatas dua tahun maka tidak timbul kemahraman. 
  2. perempuan tersebut sudah menyusui sebanyak 5 kali susuan dalam waktu yang terpisah-pisah.jika kurang dari 5 kali susuan maka tidak timbul kemahraman.(pendapat madzhab imam syafi'i) (taqiyuddin al-husaini,kifayatul akhyar,2/137 :sa'duddin bin muhammad alkibbi ,ahkam arradha' fi al islam,hal 6,8)
jika proses menyusui itu sudah memenuhi dua syarat diatas maka timbullah akibat-akibat dari kemahraman.misalnya bayi yang disusui itu laki-laki maka haram hukumnya menikah dengan perempuan yang menyusuinya,haram pula laki-laki tersebut menikahi perempuan yang sudah disusui oleh perempuan yang menyusuinya(saudara sesusu),haram pula menikahi anak perempuan dari perempuan yang menyusuinya.dan akibat-akibat dari kemahraman lainnya.

jadi bagi yang mau mendonorkan asi harus mengetahui kenal betul semua keluarga dari bayi yang akan disusuinya,begitu juga para ibu yang mau mencari pendonor asi harap kenali baik-baik perempuan yang akan menyusui bayi anda.

wallaahu a'lam

semoga bermanfaat....

43 komentar:

  1. Balasan
    1. alhamdulillaah.... terimakasih sdh berkunjung :)

      Hapus
    2. Jadi begini saya mau tanya, jadi saya barusan menyusui anak Tante saya kebetulan bayi tersebut laki2 dan masih berusia 6 bulan, tapi saya masih perawan dan barusan saya hanya coba2, apakah saya salah

      Hapus
    3. Jadi bagaimana apakah saya salah?

      Hapus
    4. Emang kalo perawan udah keluar asi?

      Hapus
    5. Boleh saya mbk
      Klo bisa ada asi mbk

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum...
    bu, saya mau tanya. saya punya anak laki2 usia 1.5bulan... ASI istri saya lancar. nah, senin malam, adik perempuan saya melahirkan anak perempuan. yg saya mau tanyakan adalah, bolehkah istri saya mebmberikan ASI ke bayi perempuan adik saya? karena banyak yg bilang tidak boleh dgn alasan sepersusuan. kecuali bayi adik saya juga laki-laki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalaam...
      boleh saja pak,hanya yg harus diingat akibat dari persusuan tersebut,sejatinya saudara sepupu(anak laki2 bapak dan anak perempuannya adik) kelak BOLEH menikah,tetapi jika sekarang anak perempuannya adik bapak tsb disusui oleh istri bapak berarti kelak mereka HARAM menikah,wallaahu a'lam...

      Hapus
  3. Assalamualaikum wr.wb

    Saya mau tnya, dlu waktu saya Bru lahir, saya di susui olh tentanga saya selama ±3hari Krena ibu saya blm keluar ASI-nya, dan yg saya mau tanyakan apakah saya jga trmsuk ank dari tetangga saya trsbt? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalaam wr.wb

      jika disusui oleh tetangga tsb ketika usia nanda kurang dari 2 thn,dan minimal 5 kali susuan (waktu 3 hari rasanya lebih dari 5 kali ya) maka timbul kemahraman antara nanda dgn tetangga yg menyusui tsb.apa saja akibat dari kemahraman?silahkan baca2 lagi ya tulisan diatas/referensi lain.wallaahu a'lam...

      terimakasih sdh berkunjung,wassalaam

      Hapus
  4. Ayah sya kn dlu nya menyusu sma tetangga nya kta tdk ada ikatan darah la wktu itu tetangga nya itu posisi nya jga masih punya ank bayi laki2 jga la ayah sya menyusu wktu siang hari sedang kan ank nya ibu nya itu menyusu di mlm hari la skrang ank nya ibu nya itu punya ank cwok dan sya ank dari ayah sya yg di susu in ibu itu la sya sma ank dari bpk itu ingin menjalin hbungan serius itu hukum nya gmna ya

    BalasHapus
  5. Seorang ibu bernama fatimah yg mempuyai ank bernama tabir secra otomatis ank itu menyusu pada orang tua nya (ibu fatimah)kemudian seorang bayi laki laki bernama joko yg tdk ada hbungan family dengan ibu fatimah ank tersebut di susu i setelah besar tabir punya ank (laki2) dan joko punya ank jga (wanita) boleh kah ke dua ank tersebut boleh menikah

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari kasus diatas berarti anak tabir(laki2) dan anak joko(pr) adalah saudara sepupu,sepengetahuan saya boleh kok menikah,seandainya tabir dan joko saudara sekandung pun halal kok menikah,utk lebih jelasnya silahkan temui guru agama terdekat ya,terimakasih sdh berkunjung... :)

      Hapus
    2. Ya trimksih bu atas jwban nya

      Hapus
  6. saya pernah disusui 1x sama tante saya dan tante saya punya anak laki" sekarang kita sudah dewasa dan pernah menjalin kasih tapi kita dilarang orang tua karna sepersusuan tapi kita pengen serius dalam berhubungan apakah kita boleh menikah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai agnes.. coba tanyakan ke orang tua dan tante apakah syarat2 berikut terpenuhi?

      jika seorang perempuan menyusui bayi orang lain otomatis anak tersebut menjadi anak perempuan tersebut,yaitu menjadi mahramnya.jika memenuhi 2 syarat berikut:

      proses menyusui dilakukan ketika usia bayi tersebut dibawah dua tahun,jika anak tersebut disusui ketika usianya diatas dua tahun maka tidak timbul kemahraman.
      perempuan tersebut sudah menyusui sebanyak 5 kali susuan dalam waktu yang terpisah-pisah.jika kurang dari 5 kali susuan maka tidak timbul kemahraman.(pendapat madzhab imam syafi'i) (taqiyuddin al-husaini,kifayatul akhyar,2/137 :sa'duddin bin muhammad alkibbi ,ahkam arradha' fi al islam,hal 6,8)

      jika ya berarti kamu memang haram menikah dgn anak tante,jika syarat tersebut tdk terpenuhi kembali kpd hukum awal bahwa boleh menikah dgn saudara sepupu.semoga membantu ya...

      wallaahu a'lam

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum ustadz,,,
    Saya mau tanya,,,jika ada seseorang yang ingin menyusui anak asuhnya tp seseorang itu belum pernah munyusui sebelumnya bagaimana hukum nya dan apakah sudah bisa di sebut mahram akibat persusuan itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalaam warohmatulloh...

      maaf sy bukan ustadz,sy hanya berbagi aja dgn segala keterbatasan pengetahuan saya.belum pernah menyusui bisa keluarkah asinya?jika memang berhasil keluar asi lalu kemudian menyusui anak asuhnya tersebut maka timbul kemahraman JIKA syarat2 diatas yg sudah sy sebutkan terpenuhi.smg membantu ya...

      Hapus
  10. istri teman saya menyusui anak ayahnya dari istri pernikahan ke-2 nya(adik tiri) karena asi ibu tirinya tidak keluar,bagaimana hal tersebut menurut islam?

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. berarti kakak perempuan menyusui adik tiri ya?sah2 saja pak,jika syarat2 diatas terpenuhi maka adik tiri tsb menjadi "anak" si kakak,kelak anak si kakak dan anak adik tiri itu tdk boleh menikah karena saudara sepersusuan,utk lebih jelasnya silahkan tanyakan kpd ust terdekat yah.. terimakasih sdh berkunjung

      Hapus
  12. Apa sblum kita menyusui bayi oranglain kita wajib meminta izin trlebih dahulu kpd suami ? Dan bagaimana jika suami tdk mengizinkannya, ttpi kita tetap menyusuinya ? Apakah dosa . Mohon bantu jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja sebelum menyusui bayi orang lain kita harus minta ijin suami terlebih dahulu,jika suami tdk mengijinkan tapi kita tetap melakukan ya dosa,saran saya bicaralah dulu dgn suami karena pasti suami pun memiliki alasan kenapa tdk memberi ijin,salah satunya mungkin karena "berat"nya akibat yg ditimbulkan dari menyusui bayi orang lain,utk lebih jelasnya silahkan tanyakan kpd ust atau guru terdekat yah... terimakasih

      Hapus
  13. Saya seorang ibu karier,, disini saya menitipkan anak saya pd seorang ibu,,saat itu anak saya berumur 1.5 tahun,, sampai sekarang umurnya sdh 5 tahun,, dan ternyata selama anak saya diasuh oleh ibu itu,,anak saya disusui olehnya, padahal air susunya sdh tdk keluar,, apa itu haram hukumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berarti "ngempeng" ya bu karena ASInya sudah tdk keluar,saran sy sih larang saja bu,karena ngempeng itu tdk baik dan susah utk dihentikannya.dan meskipun kita berfikir sdh tidak ada ASInya kan bisa saja sesekali ASInya keluar tanpa terasa oleh si ibu pengasuh tsb,jika betul keluar ASInya dan terpenuhi syarat diatas berarti timbul juga akibat dari kemahraman nya.ok bu smg membantu yah jawaban saya,terimakasih sdh berkunjung

      Hapus
  14. Saya td menyusui bayi perempuan anak tetangga saya dan anak saya perempuan...bayi tsb menyusui kurang lebih 2 menit seingat saya dua kali dilepas...itu dihitung 1 kesempatan atah 2 kali ya???bagaimn hukumnya...mksh sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan setelah saya susui sebentar td si bayi masih minum sufor apakah itu sekali kesempatan dan mengenyangkan atau gmn?

      Hapus
  15. Kalo saya pny ank perempuan usia skrg 3bln.kemudian adik saya perempuan melahirkan ank laki2..bolehkah saya menyusuinya?soalnya adik saya abis operasi jd blm bs menyusui..

    BalasHapus
  16. Waktu itu sya lahiran sesar dan asi blum kluar.. Trus anak saya cwe di susui oleh adik suami saya yang pnnya anak cwo.. Kra2 2 kali lah.. Lalu sya jg prnh memberj asi buat anak adik suami saya kra2 2 kali jg.. Dn sya prnh ngsih asi sm 2 anak cwe temen saya.. Krna terdesak .. Bgaimana nnti hukum x itu.. Saya menyusui 1 anak cowo .. 2 anak cwe tp cm 1 smpai 2 kali.. Dan anak sya cwe.. Mhon pencerahanx..

    BalasHapus
  17. Assalmu'alaikum...
    Mau tanya, kalo kakak (25th) menyusui adiknya baru lahir boleh kah??
    Alasannya karna ibu mereka (kakak dan adik bayi) sudah tua dan si kakak ingin menjadikan si adik bayi ini anaknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saja... hanya yg harus diperhatikan adl akibat dari persusuan tersebut seperti yg sudah sy tulis diatas

      Hapus
  18. Assalamualaikum
    Mau tanya, saya punya anak laki-laki berumur satu bulan
    Di susui sama neneknya
    Padah istri saya ASI-nya keluar
    Dan tidak sedang sakit
    Tapi neneknya terus saja menyusui anak saya

    Yang mau saya tanyakan
    Apa hukumnya kalau begitu
    Haramkah atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalaam... disusui oleh nenek tdk haram,tapi sebaiknya disusui oleh ibu nya saja pak krn memungkinkan,mungkin harus dibicarakan baik2 dgn neneknya agar tdk terjadi selisih faham

      Hapus
  19. Bismillah.. afwan tnya, istri sya mlhrkn bayi laki" dan asi nya tdk lncar itupun yg kluar cm sblah. Bolehkah di susui oleh istri nya sepupu istri sya. Tetapi anak sepupu istri sya itu prempuan. Beda 2 bln. Sya dnger asi untk bayi prempuan itu tdk sama dngn asi untk bayi laku".. dan apakah akan mnjadi saudara sepersusuan jg klo asi nya di masukin botol. Mksd nya minum asi nya tdk di payudara tp di botol..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada dasarnya disusui oleh siapapun boleh2 saja,hanya yg harus diperhatikan adl akibat dari persusuan tersebut seperti yg sdh sy tulis diatas.dimasukin ke botol/langsung sama saja pak

      Hapus
  20. Assalamualaikum
    Saya mau bertanya.. berdosakah seorang perempuan yg menyusui anak orang lain tanpa ijin dari ibu si anak?? (Sebab ibu si anak tidak ridho anaknya dsusui orang lain)

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum
    saya mau bertanya apa boleh kakak menyusui adik kandungnya yg baru lahir??
    tapi sepertinya masih belum keluar air susu karena kakaknya masih perawan??
    apa hukumnya??

    BalasHapus
  22. assalamualikum..
    sy mau bertanya.apa boleh seorang nenek menyusui cucu peremuannya?
    (nenek tersebut adalah ibu dari bapaknya bayi yg diausui)

    BalasHapus
  23. Ass...saya mau tanya...rencana nya kakak saya mau ambil anak orang,baru lahir langsung bwa pulang.dan kata orang2 tua dari kita bilang kalau kita nyusuin si bayi karna dia bukan anak kita...apa betul itu air susu kita bisa keluar.

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum saya mau bertanya, 4 tahun lalu adik saya yang paling kecil lahir, lalu kakak tertua kami yang menyusukannya sampai sekarang di umur 4 tahun,iya tidak salah di umur 4 tahun ini dia masih menyusu ke kakak tertuanya, di karenakan ibu saya yang sudah tua tidak bisa menyusui lagi, apakah hukumnya benar adik paling kecil yang di susukan kakak tertua menjadi anaknya?karena sampai sekarang dia juga anggap ibu saya ibunya juga dan kakak tertua juga ibunya.

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum...mau tanya apakah boleh anak sy memberikan asi nya utk keponakannnya yg msh bayi jenis kelamin permepuan. Krn bayi anak sy sdh meninggal dan jenis kelamin laki laki.semnetara asi nya blm terpakai sm sekali.

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)