Kamis, Mei 22, 2014

terapi "setrika" untuk nyeri sendi

  No comments    
categories: , ,


nyeri sendi atau osteoartritis adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.(wikipedia) nyeri sendi sendiri sering diidentikkan dengan reumatik,asam urat dan penyakit2 sendi lainnya.konon katanya sering kali dokter pun salah mendiagnosa karena nyeri sendi,rematik,asam urat,osteoporosis gejalanya hampir sama.

dua minggu yang lalu saya merasakan nyeri dari mulai pinggang sampai ujung kaki,nyeri nya seperti kecapean biasa tapi nyeri nya terus menerus berlangsung hingga 1 minggu.telapak kaki tuh rasanya nyeri banget kalau dibawa jalan,apalagi kalo turun naik tangga duh rasanya nyeri campur ngilu gitu.. waktu itu saya berpikir jangan2 saya kena asam urat?jangan2 kolestrol tinggi?jangan2...? jangan2... ?

saya coba ingat2 apa saja yang sudah saya makan,apa saja kegiatan saya beberapa hari sebelumnya.dua hari sebelumnya saya dapat oleh2 dari jogja yaitu kripik emping pedas manis,satu plastik habis saya cemil sendiri...:D beberapa hari sebelumnya saya juga sering nemenin anak berenang,berhubung anak saya baru 20 bulan otomatis emak nya juga ikut nyemplung ke air,hi hii.. setelah cerita sama kakak,beliau bilang mungkin itu penyebabnya,makan emping,berenang ga pake pemanasan dulu,plus ac di kamar yang terlalu dingin.tapii... kakak saya kan bukan dokter,jadi jangan 100% percaya dengan argumennya :)

buat mengurangi nyeri saya pake minyak tawon dengan cara dioles dari pinggang sampai ujung kaki,sambil dipijat ringan.hasilnya?nyeri ga berkurang.. lalu saya pake balsam,kayu putih,minyak angin dll juga sama ga mengurangi nyeri sendi.terus saya minum paracetamol dengan harapan nyeri nya bisa sedikit berkurang,tapi teteeeppp masih nyeri.akhirnya saya pergi ke apotik yang ada didepan komplek,mau cek kadar asam urat,kolestrol dan darah.hasilnya semuanya normal,kata pegawai apotik mungkin nyeri yang saya rasakan ini rematik,karena nyeri nya berlangsung terus menerus.kalau nyeri nya hanya beberapa jam/nyeri di waktu yang menetap biasanya itu asam urat.tapi lagi2 saya ga percaya 100% :D

pegawai apotik menyarankan salah satu merk obat untuk mengurangi rasa nyeri,tapi kemasannya dus,ga ada yg isi 4 atau 10 tablet.akhirnya karena takut ga cocok saya ga jadi beli obatnya.mau periksa ke dokter yang deket cuma dokter umum,paling2 saya dikasih obat anti nyeri nya aja,mau ke rumah sakit males macetnya... (nasib hidup di jakarta,hiks hiks....)

pulang ke rumah tiba2 saya ingat dulu almarhum nenek saya kalo kaki nya sakit beliau suka "menginjak" sesuatu yang panas,nenek saya rematik biasanya beliau mengambil abu sisa pembakaran di tungku(orang sunda bilang "hawu")lalu abu tadi dibungkus dengan kain yang tebal trus diinjak2 deh... mulai berpikir buat nyoba terapi abu ini tapi... hari gini dijakarta pula dimana bisa dapet abu panas?kaya'y udah ga ada tungku disini.akhirnya saya punya ide,saya tumpuk beberapa kain diatas lantai keramik.lalu saya ambil setrika sambungkan ke colokan listrik.saya gosok2 setrika diatas kain sampai kira2 30 menit.lalu saya cabut sambungan listriknya,angkat kainnya,taraaaa... lantai keramik pun panassss,duduk diatas kursi lalu injak2kan kaki ke lantai panas ini.setelah lantai dingin,ulangi lagi seperti cara diatas.

hasilnya? nyeri yang saya rasakan selama 1 minggu itu pun sembuh,pinggang paha sampai ujung jari normal kembali seperti biasa.ajaib!!sampai sekarang saya ga pernah ke dokter,entah nyeri yang saya rasakan kemarin itu nyeri sendi,rematik atau apapun itu yang pasti sekarang sudah sembuh dengan terapi "setrika" ala mama syafieq,hi hiii...

mungkin suatu saat saya harus periksa juga ke dokter spesialis,pemeriksaan lengkap dari mulai hematologi rutin ,fungsi hati (SGOT ,SGPT),fungsi ginjal (BUN,serum kreatinin),fungsi jantung (CK,LDH),fungsi imunitas meliputi reumatoid factor/RF dll.semoga aja rasa nyeri itu ga kembali lagi,aamiin... :)

0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)