Selasa, Oktober 07, 2014

mengatasi sembelit pada anak

  7 Komentar    
categories: , , ,
sembelit atau konstipasi adalah kelainan pada sistem pencernaan dimana manusia mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dikeluarkan,dan dapat menyebabkan rasa sakit pada penderitanya.(wikipedia.org)


dulu anak saya syafieq hampir 6 bulan lamanya menderita sembelit,pup nya keras bahkan pernah sampai berdarah,hikss... pakai obat pencahar yang dimasukkan ke anus memang tokcer,kira-kira 10 menit pup nya langsung "ngagolosor",tapi saya tidak mau syafieq jadi ketergantungan terhadap obat,saya terus mencari tahu berbagai macam cara untuk mengatasinya,ke dokter anak pun saya lakukan.kesimpulannya obat mujarab agar tidak sembelit ya harus betul-betul memperhatikan komposisi makanan,makanan harus yang lunak/mudah dicerna,perbanyak makanan berserat seperti agar-agar,buah-buahan dan sayuran,banyak minum air putih,dll.




 saat itu dokter anak menyarankan agar saya tak memberi syafieq wortel,karena seratnya kasar.dokter yang praktek di jl dewi sartika cawang jakarta timur itu lebih menyarankan sayuran hijau,seperti bayam,labu,brokoli dll.buah jeruk menurutnya juga tidak terlalu banyak membantu untuk sembelit,beliau lebih menyarankan pepaya dan melon.saya sampai diberi jadwal makan dan minum buat syafieq,dokternya yang sudah tua sangat teliti dan ramah ^-^

yang jadi masalah syafieq itu tidak suka makan sayur dan buah,puding atau agar-agar juga tidak suka.maunya minum susu (formula) terus (saat itu sudah selesai ASI nya selama 1,5 tahun).padahal saya memberinya vitamin setiap hari(yang katanya bisa menambah nafsu makan),sering kali makanan atau buah yang sudah saya masak atau dihaluskan akhirnya dibuang percuma.sudah saya coba variasikan dengan cara mencetak makanan-makanan itu dengan cetakan berbentuk bintang,hewan dll agar terlihat menarik,tapi... syafieq masih susah makan plus sembelitnya awet.lama-lama saya lelah juga karena seperti tidak ada jalan keluarnya masalah sembelit itu.

hingga suatu hari saya whatsapp-an dengan seorang teman,dia menyarankan agar saya memberikan syafieq ekstrak buah dan ekstrak sayur alami.dia merekomendasikan fruit 18 junior dan vegeblend.katanya sembelit anaknya pun sembuh dengan kedua ekstrak alami tersebut.dengan antusias saya langsung ke apotik,saya coba dulu beli fruit 18 junior.1 botol isi 30 kapsul harganya 99-110 ribu(beda-beda di tiap toko/apotik).

kandungan per satu kapsul fruit 18 junior adalah sari buah-buahan alami 275 mg (jeruk,nanas,apel,tebu,anggur,jeruk keprok,cranberi,mangga,pepaya,pir,lemon,jeruk limau,aprikot,ceri,strawberi,persik,rasberi,pisang,prune,bilberi),citrus biovlafonoids,serat buah alami 40 mg (apel,citrus,kurma),asam askorbat 30 mg,kalsium karbonat 100 mg,bentonit 5 mg.

fruit 18 junior membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan sumber bahan makanan dari sari buah-buahan alami.fruit 18 junior produk usa dan di pasarkan di indonesia oleh pt.pharos jakarta.




hasilnya?setelah hampir 1 bulan minum fruit 18 syafieq tetap sembelit,akhirnya atas saran dari teman yang sama saya ganti susunya dengan merk lain,alhamdulillah syafieq sembelitnya sudah membaik (pup nya tidak keras lagi),jadi susu pun sepertinya bisa menyebabkan sembelit juga ya,istilahnya cocok-cocokan,tidak semua merk susu cocok untuk anak.

sekarang saat nafsu makan syafieq sudah membaik,sayuran hijau saya cacah sehalus mungkin,saya campur dengan susu,telur dan kentang,lalu di dadar atau dipanggang.alhamdulillah syafieq suka.saya jadi rajin ke dapur lagi deh ^-^,saat ini syafieq setiap hari masih minum fruit 18 junior dengan cara dikeluarkan isi kapsulnya campur dengan 1 sendok air,aduk-aduk hingga rata dan minum.atau bisa juga dicampur dengan makanan atau minumannya.alhamdulillah syafieq terbebas dari sembelit,jarang sakit,nafsu makan pun membaik.





7 komentar:

  1. beda emang kl sering makan buah sama sayur dan jarang makan keduanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya beda dong mak,heee.... :)

      Hapus
    2. Boleh dikasih tau gak bun, diganti susu apa biar bab nya lancar?

      Hapus
  2. aku lebih suka ngasih sayur dan buah beneran. ga mau membiasakan anak mengonsumsi ekstrak-ekstrak beginian :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo anak'y mau mkn apa aja sih memang lbh baik diksh mkn buah dan sayur asli,masalah'y klo anak sy g suka mkn buah dan sayur :)

      Hapus
  3. Jadi fruit 18 bagus ga mbak? Ngefek ga buat yg susah bab. Ktnya di awal biar tetap minum itu, tetap ga bisa bab lancar

    BalasHapus
  4. Jadi fruit 18 bagus ga mbak? Ngefek ga buat yg susah bab. Ktnya di awal biar tetap minum itu, tetap ga bisa bab lancar

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)