Kamis, Maret 12, 2015

keutamaan sholat dan khusyu' dalam sholat

  4 Komentar    
categories: ,



apa kabar kawan?dua bulan sudah saya tidak menulis di blog,maklum awal januari lalu saya disibukkan dengan beres-beres barang karena pindah rumah dari tangerang selatan ke sukabumi,mengepak barang-barang kecil sampai barang yang besar benar-benar menguras waktu dan tenaga,setelah sampai di sukabumi pe-er nya tambah berat karena harus membuka barang-barang yang sudah dipacking dan menatanya kembali.akhirnya saya memang harus kembali ke kampung halaman tercinta sukabumi.alhamdulillah urusan rumah sekarang sudah selesai,sudah rapi,jadi sekarang bisa nge-blog lagi ^-^

kawan.. sholat merupakan rukun islam yang kedua setelah syahadat.sholat adalah tiang agama,jika kita melaksanakan sholat berarti kita telah menegakkan agama.sholat merupakan perintah Allah sang maha pencipta alam semesta ini. di detik-detik terakhir hayatnya,rosul pun berwasiat agar umatnya selalu menjaga sholat.

dari an-nasa'i meriwayatkan dari anas bin malik bahwa akhir dari wasiat rosul yang beliau ucapkan dengan lisannya menjelang wafatnya adalah "sholat,sholat dan bertawakkal lah kepada Allah terhadap budak-budak yang kalian miliki"(hr.abu dawud dari ali bin abi thalib dan disahihkan al-albani).

keutamaan sholat

beberapa keutamaan sholat diantaranya adalah sholat termasuk amalan besar yang dapat menghapus dosa-dosa.sholat juga merupakan amalan yang dicintai Allah.abdullah bin mas'ud bertanya kepada rosul amalan apa yang dicintai oleh Allah?" rosul menjawab "sholat tepat pada waktunya", "kemudian apalagi?",rosul menjawab "berbuat baik kepada orang tua",lalu abdullah bertanya lagi "kemudian apalagi?",rosul menjawab "berjihad dijalan Allah".

sholat adalah hubungan rohani antara manusia dengan Allah,sholat dapat menyelamatkan seseorang dari neraka.di yaumil akhir nanti yang pertama dihisab adalah sholat,jika baik sholatnya maka baik pula lah amal lainnya.

rosul bersabda dalam riwayat abu dawud,an-nasa'i dan ahmad: "sesungguhnya amalan manusia yang pertama kali dihisab adalah sholat" beliau bersabda: "Allah memerintahkan kepada malaikat dan dialah yang lebih mengetahui, 'lihatlah sholat hambaku,apakah ia telah menyempurnakannya atau menguranginya?' jika ia telah menyempurnakannya maka pahalanya ditulis sempurna dan jika ada kekurangan darinya dia berfirman, 'lihatlah apakah hambaku mempunyai amalan sunnah?' jika ia mempunyainya maka dia berfirman, 'sempurnakanlah bagi hambaku kewajiban-kewajibannya dengan amalan sunnahnya.'kemudian baru amalan-amalan lainnya yang diambil." (hr.abu dawud/864).

sholat yang sempurna tentu saja sholat yang khusyu'.khusyu' memiliki pengertian sebagai perasaan didalam jiwa yang nampak dari anggota badan,berupa ketenangan dan ketawaduan,sebagai buah dari kokohnya keyakinan didalam hati terhadap pertemuan dengan Allah.sholat yang khusyu' dalam sholatnya segala kesibukan dunianya terputus,seluruh keadaannya tertuju hanya kepada rabbnya.

bagaimanakah caranya agar kita menjadi orang yang khusyu' dalam sholat?

hilangkan seluruh rintangan yang menghalangi diri kita dalam mendapatkan kenikmatan dalam sholat,yaitu dengan menjalankan perkara yang wajib diperhatikan sebelum sholat.yaitu:
  • hadirnya akal atau pikiran.hadirnya akal ketika sholat bermakna bahwa sholatnya tidak melamun,pikiran tidak bercabang,tidak mengantuk dan malas-malasan,sholatnya bersemangat dan ketika lisan melafalkan bacaan sholat hatinya melafalkan makna atau arti dari yang lisan lafalkan.
  • menjaga lambung dan kandung kemih.artinya hindari sholat dalam keadaan menahan lapar,menahan keinginan untuk buang air kecil atau buang air besar.karena semua itu bisa membuat sholat kita jauh dari khusyu',pikiran tidak tenang badan pun tak nyaman.
  • menjaga pandangan.ketika sholat arahkan pandangan hanya ke tempat bersujud.karena ketika pandangan kita berpaling ke tempat lain maka gambaran sesuatu tersebut akan berpindah ke dalam akal dan hati,selanjutnya gambaran tadi menguasai akal kita yang sedang sholat,maka hilanglah kekhusyu'annya.
  • memperhatikan pakaian.hindari pakaian yang bergambar,berlogo,tulisan dll.baju bergambar atau berlogo bisa mengalihkan kekhusyu'an orang lain yang sedang sholat dibelakang kita.jika sholat berjamaah pakaian polos lebih disarankan.
  • memperhatikan tempat sholat.albukhari meriwayatkan dari anas yang berkata: "aisyah memiliki qiram(kain tirai/gorden) yang digunakan untuk menutupi bagian samping rumahnya,melihat itu rosul berkata: "singkirkan itu dari pandanganku karena gambar-gambarnya selalu terbayang dan menggoda pandanganku diwaktu sholat".
  • menjaga indera pendengaran.
  • menjaga indera penciuman.
sesungguhnya kematian itu sangat dekat,sudah siapkah kita menghadapinya?yuk kita kerjakan sholat,perbaiki sholat dan berusaha khusyu' dalam sholat.

wallaahu a'lam... semoga bermanfaat


 sumber gambar:mewarnai.us









4 komentar:

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)