Kamis, Oktober 02, 2014

syarat-syarat untuk hewan qurban

  5 Komentar    
categories: 
beberapa hari lagi kita akan merayakan hari raya idul adha,bagaimana teman-teman adakah yang hari ini sedang berpuasa?semoga puasanya lancar ya,puasanya tinggal dua hari lagi,ayo semangat! ^-^.setelah beberapa hari lalu saya menulis tentang qurban,hari ini saya masih menulis tentang qurban juga,semoga tidak bosan membacanya ya....:)



sumber gambar disini

kemarin karena kartu atm saya terblokir jadi saya ke bank berdua dengan anak saya syafieq,jaraknya dari rumah cukup dekat jadi pulang dari bank saya putuskan untuk jalan kaki,sepanjang jalan raya saya lihat banyak pedagang hewan dadakan,lapangan,tempat parkir,bahkan halaman kantor salah satu partai pun dipakai untuk jualan hewan qurban,^-^ maklum.. hewan-hewan qurban sedang banyak dicari.

syafieq antusias ketika melihat kambing dan sapi,kakinya diam ditempat tidak mau gerak,artinya... dia mau lebih lama lagi lihat hewan-hewan itu.^-^ ya sudahlah dari pada malu lama nongkrongin hewan-hewan(kaya yg mau beli aja ^-^),akhirnya iseng-iseng saya ngobrol dengan penjual hewannya.

"bang,harga kambing kisaran berapa nih?"
"paling mahal 3,5 juta mbak,yang paling murah kita jual 2,2 juta.kalo sapi paling murah 20 juta,ayo mbak silahkan diliat-liat barangkali ada yang cocok"jawabnya ramah.

saya tunjuk seekor sapi yang ukurannya paling kecil

"bang,kalo yang ini umurnya berapa ya?kaya'y kecil banget"tanya saya
"wah kurang tau mbak,saya kan hanya membeli dari peternak,yang penting kan sehat mbak hewannya,masalah umur ya saya kira-kira aja mbak"
"jadi,sapi ini kira-kira nya berapa tahun?"tanya saya lagi
"yaaa... kira-lira 3 tahun lah mbak..."

nah loh!penjualnya saja tidak tahu berapa usia hewan-hewannya,apalagi saya yang awam tentang perhewanan?padahal usia hewan qurban ada batas minimumnya yang menjadi salah satu syarat syahnya qurban.jika kita berqurban dengan hewan yang usianya tidak mencukupi dengan yang di syaratkan,maka qurban nya tidak syah,orang yang berqurban hanya mendapat pahala shodaqoh.lalu.. apa ya syarat syahnya hewan qurban itu? 
  • hewan yang digunakan untuk qurban adalah bahiimatul an'aam,yaitu unta,sapi,kerbau,kambing dan jenis-jenisnya seperti domba,biri-biri atau kambing jawa.
  • hewan harus sehat terbebas dari penyakit,aib/cacat.
  • usia hewan sudah mencapai umur minimal yang ditentukan syari'at,yaitu:unta minimal usianya 5 tahun memasuki usia 6 tahun,sapi dan kerbau minimal usianya 2 tahun memasuki usia 3 tahun,kambing jenis domba atau biri-biri minimal usianya 6 bulan-1 tahun,sedangkan bagi kambing biasa(seperti kambing jawa) minimal usianya 1 tahun memasuki usia 2 tahun.(kitab kifaayatul-akhyaar).
maka tidak syah jika kita berqurban dengan misalnya 50 ekor ayam,100 ekor bebek dsbnya,karena hewan-hewan yang digunakan untuk qurban sudah di syaratkan seperti yang saya tulis di atas.juga berqurban menjadi tidak syah jika usia hewan qurban tidak memenuhi syarat minimal hewan qurban.jika umurnya pas tetap syah,jika lebih masih diperbolehkan asal tidak terlalu tua.

wallaahu a'lam... semoga bermanfaat...

sumber:nu.or.id









5 komentar:

  1. Aih kalo kecil berarti belum 3 tahun ya Mak?
    Iya ya ... harusnya penjual ngerti banget soal ini .... makasih sharingnya Mak

    BalasHapus
  2. wah penjualnya aja gak tau umur hewan yang mau dijualnya ...
    kita sebagai pembeli harus lebih selektif ya Mbak

    BalasHapus
  3. mak niar:maka'y itu mak sy g tau umur binatang,heee... iya sama2
    mak ninik:yap betul... :)

    BalasHapus
  4. Semoga dengan memahami hukum dan hikmah-hikmah qurban semakin banyak yang tergerak dan sadar bahwa melaksanakan qurban adalah ibadah yang memiliki manfaat besar dalam sosial kemanusiaan

    jazakumullah Khoir

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)