Rabu, Desember 30, 2015

tips dan info wisata:semalam di cianjur

kan ku ingat didalam hatiku
betapa indah semalam di cianjur
janji kasih yang tlah kau ucapkan
penuh kenangan yang takkan terlupakan

tapi sayang hanya semalam
berat rasa perpisahan
namun ku telah berjanji

disuatu waktu kita bertemu lagi

ingat lirik lagu diatas?yup itu adalah lirik lagu lawas yang berjudul semalam di cianjur,cianjur dengan segala pesonanya memang kota yang mengesankan,kota yang berbatasan langsung dengan sukabumi dan bogor ini terbilang cukup dekat dari rumah saya.dimusim liburan akhir tahun ini kemarin ceritanya kami (saya,suami dan syafieq) jalan-jalan ke cianjur.

karena syafieq merengek minta naik kereta akhirnya sabtu kemarin kami ke cianjurnya naik kereta api,dengan tiket seharga 25 ribu rupiah saja.jangan bandingkan kereta api sukabumi-cianjur itu dengan KRL di jakarta ya,karena perbedaannya sangat jauuhhh sekali,hi hi... AC yang hanya hidup 15 menitan dan sisa perjalanan 1 jam 45 menit kami lewati dengan udara dikereta yang sangat panas,terasa dipanggang,hu hu hu...

kabarnya memang kereta sukabumi-bogor sukabumi-cianjur itu AC nya kadang berfungsi kadang tidak,hiks!kalau di KRL jakarta AC nya kan wusssss terasa dinginnya ^_^.ah sudahlah yang pasti kami selamat sampai dicianjur dengan selamat.jam 10 pagi dari sukabumi dan sampai dicianjur 2 jam kemudian.

salah satu pondokan di tunas kembang

sampai dicianjur kami solat dzuhur dulu di mushola stasiun,lanjut naik delman ke jl.mangunsarkoro untuk sekedar makan roti jadul,disebut roti jadul karena rotinya betul-betul polos tanpa hiasan/topping diatasnya,tak ada aroma "mahal" seperti aroma butter,wijshman layaknya roti-roti di cake and bakery.roti jadul cukup beragam,ada roti tawar,gambang,manis,isi coklat,nanas,keju dll.

sepanjang jalan terdapat meja-meja kecil tempat orang berjualan roti jadul,pabrik rotinya ada dibelakang ruko-ruko tersebut,mau roti panas yang masih mengepul?mulai jam 2 disana banyak lalu lalang orang-orang yang membawa loyang besar nan panas,dari loyang baru rotinya diletakkan di meja-meja.

syafieq berenangnya digendong  ^_^

makin nikmat jika makan roti ditempat ala-ala standing party,hi hi.. (ya iyalah berdiri,orang ga ada kursi buat duduk).banyak turis-turis lokal maupun mancanegara di mangunsarkoro hanya untuk mencicipi roti jadul,rasanya biasa saja hanya yang menjadi tidak biasanya mungkin karena unik ya sepanjang jalan itu penuh dengan orang-orang yang berjualan roti,atau untuk mengenang masa kecil mungkin?^_^ dan roti-roti disitu mengepul fresh from the oven.

selesai makan roti kami naik angkot jurusan cipanas warna biru tua,dari mangunsarkoro-cipanas ongkosnya 7.500 rupiah.kami turun dipasar cipanas,sempat buka situs booking hotel kami tertarik juga untuk menginap di berlian resort yang menurut situs tersebut lokasinya dibelakang ruko pasar cipanas,tanya-tanya disekitar pasar ternyata ke berlian resort itu harus naik angkot lagi ke arah atas atau jalan yang bersisian langsung dengan istana presiden.

pagi2 belum mandi,udara dingiiinnn... ^_^

akhirnya kami naik angkot warna kuning dengan cat warna silver dibawahnya (cat bawahnya beda-beda,ada yang silver,pink dll yang artinya rutenya pun berbeda-beda),jalanannya membuat jantung saya terasa mau copot,saya memang phobia jalanan menanjak,tanjakannya sangat curam dan angkot yang saya naiki seperti ngos-ngosan tak kuat menanjak,dan bau kopling menambah kekhawatiran saya,duhhh!

sekitar 10 menit kami sampai di berlian resort,dan ternyata ada acara pesta pernikahan disana,gedungnya disewakan untuk umum,seperti masuk ke komplek perumahan setelah gerbang disisi kiri ada kantornya,setelah tanya-tanya resepsionis ternyata disitu hanya ada gedung,hotel,arena olah raga yang disewakan.padahal disitus ada keterangan terdapat kolam renangnya,hiks.. jauh-jauh naik ke atas ternyata mengecewakan.

akhirnya kami turun lagi dengan menaiki angkot yang sama,lalu turun didepan istana presiden, kemacetan luar biasa terjadi disore itu,karena efek buka-tutup jalur puncak yang memang biasa diberlakukan,maklum karena jalur puncak bogor-cipanas-cianjur hari week end atau libur pasti macet.puncak dengan keindahan kebun teh dan udaranya yang segar memang tempatnya orang-orang refreshing.hotel,villa,penginapan menjamur,dari mulai hotel berbintang sampai kelas melati ada disana.

kolam renang terhalang pepohonan

setelah ubek-ubek mbah google akhirnya kami putuskan untuk menginap di tunas kembang hotel&resort yang beralamat di jl.raya cipanas no.39 sindanglaya cianjur  0263 512719-512545,lokasinya sekitar 800 meter-an dari istana presiden cipanas (dari arah jakarta),cocok untuk yang bawa anak seperti saya,di tunas kembang ada kolam renang,arena bermain anak,tersedia water heater disetiap kamar.dengan rate 400 ribu-1,3 juta/malam kami cukup puas menginap ditunas kembang.

sedikit yang saya sayangkan adalah dikamar hanya terdapat satu colokan listrik saja,jadi kemarin nge-charge hp dan nonton tv itu gantian.kolam renangnya agak kotor dan banyak kucing berkeliaran sehingga ketika menginjak rumput harus hati-hati karena ada kotoran kucingnya,ishhhh!semoga dilain kesempatan ketika saya berkunjung lagi kolam renangnya bersih dan kucing-kucingnya ditertibkan atau dibuatkan kandang mungkin?

seperti dalam lirik lagu diatas,tapi sayang... hanya semalam,besoknya hari minggu 27 desember kami pulang ke sukabumi.

tips untuk yang mau jalan-jalan ke cianjur :
  • mencari info jangan ke tukang ojek,delman atau supir angkot ya,lebih baik tanya penduduk atau orang sekitar. (kemarin saya dibohongin 2 kali,sama tukang delman&tukang ojek,tanya-tanya tempat akhirnya diajak muter-muter tak jelas dan kita pun harus bayar mahal ke mereka)
  • hati-hati membeli pulsa elektrik,pastikan ketika membeli pulsa handphone nya kita bawa juga,jadi masuk/tidaknya pulsa bisa langsung ketahuan.(saya dibohongin tukang pulsa juga,hp saya ketinggalan dihotel,pulsa tak ada uang pun melayang)hu hu...
  • sebelum check-in pastikan kita membawa uang cash untuk jaga-jaga,karena kemarin ditunas kembang mesin EDC nya rusak jadi pakai kartu debet maupun kredit tidak bisa,yang akhirnya suami harus cari ATM dulu.
sebelum pulang jangan lupa bawa oleh-oleh tauco khas cianjur ya... selamat berlibur... ^_^