Minggu, Desember 13, 2015

wisata alam situ gunung sukabumi






situ gunung adalah tempat wisata alam di kabupaten sukabumi,dalam bahasa sunda situ berarti danau,danau di situ gunung adalah danau buatan yang dikelilingi alam sub pegunungan gunung gede pangrango,tanaman damar mendominasi pepohonan disana.situ gunung telah ditetapkan sebagai taman wisata alam berdasarkan surat keputusan menteri pertanian nomor 461/kpts/um/11/1975 tanggal 27 nopember 1975.dulu situ gunung masuk ke kecamatan cisaat,kini setelah pemekaran wilayah situ gunung masuk ke kecamatan kadudampit.

setelah hampir 17 tahun tak kesana,minggu kemarin saya mengunjungi situ gunung lagi,17 tahun?iya... dulu terakhir ke situ gunung saat saya masih kelas 3 sma,widihhh zaman dahulu itu mah!^_^, padahal dekat dari rumah,kebetulan rumah saya masuk kecamatan cisaat,entahlah kok situ gunung ini terlupakan oleh saya.ide ke situ gunung kemarin berawal dari suami yang ujug-ujug ingin main ke gunung,terpikirlah situ gunung tempat dimana suami pernah camping bersama teman-teman SMA nya.teteppp itu kisah baheula juga ^_^.

syafieq mimik terus... abaikan wajah sepotong itu ^_^
hari rabu lalu jam 7 pagi kami berangkat dari rumah,masuk ke pertigaan polsek cisaat atau arah menuju kadudampit,500 meter dari polsek ada pertigaan lagi,nah kita ambil lurus saja jangan belok kanan ya,belok kanan itu pasar cisaat.jangan takut nyasar karena situ gunung itu berada di ujung jalan kadudampit tersebut.sepanjang perjalanan saya lihat sekarang banyak berdiri villa-villa,rumah makan,tempat pemancingan,wisata kebun stroberi,dll.banyak perubahan,ya iyalah 17 tahun yang lalu gituloh!

baru sadar tiket yang saya beli ternyata tarif hari libur,padahal hari rabu

jam 7.30 wib sampailah di gerbang wisata situ gunung,kami disambut petugas tiket,ternyata karcisnya sekarang 18.500 rupiah,duluuu hanya 5 ribu,hi hi.. udara sejuk nan segar,pepohonan hutan yang rindang terasa membawa kedamaian untuk kami,hmmm... sayangnya mobil saya ceper jadi mobil hanya bisa parkir dibawah,padahal di atas ada parkiran juga,mobil-mobil yang buat offroad cocok tuh bisa terus menanjak ke jalanan berbatu hingga ke parkiran atas.jadilah kami berjalan cukup jauh untuk menuju danau.

sepeda syafieq urung kami turunkan karena jalannya berbatu,yang ada bawa sepeda bukannya nyaman malah buat masalah nantinya.okelah akhirnya semuanya jalan kaki,suami deh yang kebagian gendong-gendong saat syafieq kelelahan,kiri kanan jalan diapit pepohonan yang tinggi menjulang dan rimbun,banyak terdapat monyet-monyet bergelantungan disana.suara-suara binatang menambah "aroma" hutan di situ gunung.

jalanan berbatu menuju ke danau (dok pribadi).

setelah jalan menanjak,menurun,menanjak,menyusuri kelokan lalu menurun lagi sampailah kami di danaunya,danaunya betul-betul berada dibawah,rimbunnya pepohonan yang tumbuh dipegunungan membuat sinyal hp tak terdetek disini,jadi jangan berharap bisa update status disitu ya?jangankan bisa online,sms atau telponpun tidak bisa sama sekali,hi hi.. danaunya masih seperti dulu,tak ada perubahan yang berarti,hanya jembatannya sekarang sudah tidak ada,jembatan yang terbuat dari kayu sekitar panjang 5 meter dan lebar 2 meter-an,memanjang dari bibir danau ke tengah danau.oiya,dulu pernah ada iklan shampo di televisi yang lokasinya di jembatan kayu tersebut.eksotis!

di situ gunung ada fasilitas apa saja?sekarang ada penginapannya,area outbond,area camping dll.kalau jajanan ada beberapa warung makanan dan minuman disepanjang jalan menuju danau.karena udara disana dingin dan berembun ada baiknya bawa baju hangat terutama buat anak-anak.karena sedang musim hujan takut juga sih kalau kehujanan dijalan,pasti jalanan licin,ngeri juga kan?jam 12 siang kami memutuskan untuk pulang saja.

sumber gambar: nasional.vivanews.com

jalan-jalannya cukup berkesan,setidaknya syafieq sekarang tahu danau,hutan,pohon besar,dan juga monyet dalam bentuk aslinya,hi hi.. kapan-kapan kita main ke situ gunung lagi ya de'? ^_^








10 komentar:

  1. Sudah lama saya gak berkunjung ke Situ Gunung nih.
    Lihat foto-foto disini, jadi pengen main lagi kesana...

    Salam,

    BalasHapus
  2. rasanya sejuk sekali.. kalo saya paling pengen ke pemandian air panasnya sukabumi trus kemping disana. duhh kapaannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo disitu gunung ga ada pemandian air panasnya mba,heee... ayo atuh maen ke sukabumi,mampir2 ke rumah saya ya... :)

      Hapus
  3. waaaah teduh sekali, stresss langsung hilang ituuuu

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)