Sabtu, Juli 05, 2014

berburu baju lebaran di pasar tanah abang

siapa yang tak kenal pasar tanah abang?pasar tekstil terbesar di asia tenggara ini terletak di kecamatan tanah abang jakarta pusat.pasar tanah abang merupakan pusat perdagangan tekstil utama ke berbagai wilayah di indonesia,asia tenggara bahkan dunia.tidak heran ketika kita berbelanja di tanah abang kita akan bertemu dengan wajah-wajah asing,pengalaman saya sering bertemu orang-orang berwajah afrika,arab dan india disana.


blok a pasar tanah abang

untuk warga jakarta pasar tanah abang sudah tidak asing lagi,saya pribadi ke tanah abang kalau mau membeli baju dalam jumlah banyak saja,seperti persiapan untuk lebaran misalnya,belanja baju untuk dibagikan kepada orang tua dan kerabat.kalau hanya membeli 1 atau 2 potong lebih baik beli online saja.ke tanah abang itu serunya belanja rame-rame,karena tempatnya yang sangaaattt luas,tanah abang yang terbagi menjadi pasar blok a,blok b,blok f,metro tanah abang dll.keliling satu blok saja bisa bikin kaki kaku saking pegalnya ^-^.yang baru pertama kali ke sana pasti tersesat tidak tahu jalan pulang.tidak percaya?silahkan dicoba ^-^.saya kalau ke tanah abang harus ditemani kakak ipar,karena dia sangat hafal lokasi toko disana.kalau sendiri saya tidak yakin *baca:pasti nyasar :D*


suasana ramai di tanah abang


di pasar tanah abang kalau mau belanja nyaman datang saja ke blok a,disana lebih terasa di mall.eskalator luas,ber-ac dan terasa lebih tertib.kalau di blok f lumayan banyak kipas-kipas besar untuk sedikit mengurangi hawa panas jakarta,di blok b dilengkapi eskalator yang lebih kecil dibanding eskalator yang biasa kita temukan di mall-mall.kalau penasaran suasana dan barang-barang apa saja yang dijual ya kita harus keliling yang menurut saya untuk keliling 1 blok saja waktu 12 jam itu tidak cukup ^-^.

blok g(tempat relokasi para pkl)

untuk mencapai pasar tanah abang ini kita bisa menggunakan berbagai moda transportasi umum,mikrolet,ppd,mayasari bakti,kopaja dll.dari bogor,bekasi,tangerang,depok banyak angkutan umum yang melintas ke tanah abang.yang paling mudah dan ekonomis tentu saja naik kereta commuter line.bawa mobil sendiri menurut saya sih bukan pilihan terbaik,mencari tempat parkir bukan hal yang mudah di tanah abang,dimana-mana parkiran penuh,kalaupun dapat tempat parkir ya pulangnya bisa nyasar juga karena bingung mencari dimana parkiran mobil kita ^-^.yang biasa saya lakukan ya naik kereta,karena stasiun kereta tanah abang tepat diseberang pasar tanah abang.belanja banyak?tidak perlu khawatir,di sana banyak portir yang siap mengantar sampai stasiun.jam-jam lengang kereta biasanya jam 12-1 siang,jadi pastikan pada jam tersebut kita sudah selesai belanja dan duduk manis dikereta siap pulang ke rumah.sampai di stasiun dekat rumah tinggal telpon orang rumah jemput ke stasiun,beres kan?^-^

bagi pengunjung dari luar pulau jangan khawatir dari bandara soekarno-hatta tinggal naik bis damri -stasiun gambir,minta turun di perempatan jatibaru-fakhrudin-abdul muis-kebon sirih(perempatan jembatan serong),dari situ naik mikrolet mo8 minta turun di pertigaan mas mansyur,tinggal jalan sedikit ke arah selatan,sampai deh di pasar tanah abang.

pasar tanah abang yang tak pernah sepi

ohya,tidak semua toko di pasar tanah abang menjual eceran,kebanyakan disana barang-barang dijual dengan minimal pembelian 1 kodi,1/2 kodi,1/2 lusin,ada juga yang menjual minimal 3 pcs.kemarin saya naksir baju koko di sebuah toko di blok a,sayangnya minimal harus beli 3 dengan size dan warna yang sama pula,hmm... beli satuan?tenang.. banyak juga toko yang menjual satuan hanya harga sedikit berbeda.jika kamu mau belanja mukena atau baju koko coba datang di hari senin atau kamis,karena ada pasar khusus yaitu pasar tasik terletak pas di seberang stasiun kereta tanah abang(dekat blok f).dipasar tasik ini para pedagang kebanyakan dari tasik,yang dijual tentu saja mukena bordir khas tasik,koko bordir khas tasik dan baju-baju muslim anak.harganya memang lebih murah apalagi beli minimal 3pcs.

tekstil garmen,blok a lantai b2

kamis kemarin kebetulan saya ke pasar tanah abang,ditemani kakak ipar dan saudara.syafieq saya bawa,dari rumah siap-siap bawa gendongan karena di pasar tanah abang syafieq tidak mungkin saya tuntun.tas sudah siap berisi susu,makanan,tissu dan tentunya uang dong ya... dari rumah berangkat jam 6 pagi dengan harapan bisa dapat tempat duduk.niatnya mau naik kereta yang berangkat jam 6.30 karena ada gerbong kereta tambahan.diantar ke stasiun sama habib nya syafieq,sampai di stasiun ternyata kereta sudah sangat penuh.daripada berdiri sambil gendong syafieq akhirnya kami naik kereta yang ke serpong dulu,dari serpong keretanya kan kembali lagi menuju ke tanah abang *ide cemerlang kk ipar* :D.sampai di tanah abang jam 8-an.(kalau tidak ke serpong dulu,jam 7 harusnya sudah sampai di tanah abang).

koleksi batik,blok a lantai 2

pertama kami ke pasar tasik dulu belanja beberapa potong mukena,mukena katun bordir dan tepinya ditempel renda berukuran besar,harusnya harganya 175 ribu/pcs karena beli 3pcs jadinya @150 ribu.di mall mukena persis seperti yang saya beli harganya 225 ribu loh...^-^.berikutnya saya membeli gamis motif tie die atau motif jumputan,beli satuan harganya 80 ribu,beli 3@75 ribu,yang plus kerudungnya harga dipatok @110 ribu beli 3@100 ribu.beli 6 pcs atau 1 lusin harganya akan semakin murah.lumayan belanja banyak dengan harga ekonomis,kualitas bahan tinggal kita pintar pilih barangnya saja.

di pasar tanah abang apapun tersedia,tekstil,baju muslim,baju fashion,tas dan aksesoris,baju anak,seprai,pasar kurma dan oleh-oleh haji lainnya,sendal sepatu dll.dari yang harga nya super murah (puluhan ribu) sampai harga 2 juta keatas/baju ada disini.hampir setiap toko menerima pembayaran dengan kartu kredit dan atm.kalau saya lebih suka bawa uang cash,jadi pengeluaran bisa dikontrol plus mudah menghitungnya,karena belanja di tanah abang membuat kita menjadi "lapar mata",bagaimana tidak.. harga yang murah,semua serba ada begitu menarik didepan mata ^-^.coba pakai atm/kartu kredit,gesek dan gesek terus tidak terasa nanti tagihan di akhir bulan jadi "membengkak" :D.puas rasanya pulang dari tanah abang dengan hasil belanjaan yang banyak,baju lebaran untuk dibagikan kepada kerabat pasti akan membuat mereka bahagia dan insya Allah menjadi pahala :)

daftar belanjaan saya kemarin:
  • mukena
  • baju koko
  • sarung,peci
  • gamis
  • blus atasan
  • baju anak
  • foto-foto'y belum ter-upload,nanti menyusul yah...:)
toko yang kemarin saya datangi diantaranya:
  • cavien collection,blok f no 3
  • zahra fashion,blok b lt slg los c no 15
  • rizqi ananda,blok b no 18
  • hocky children wear,blok a lt ground los a no 105-106
  • toko lainnya tidak terdata,maklum kantong belanja nya sudah terpakai :D 
sedikit tips buat yang mau belanja ke tanah abang:
  • jangan pakai perhiasan(biar aman dari penjambret)
  • gunakan sendal/sepatu yang nyaman(saya biasa bawa sendal jepit di tas ^-^)
  • tempatkan dompet dan handphone dalam satu tas kecil/selempang
  • berani tawar harga :D
  • hati-hati bawa belanjaan jangan lengah

nah... mumpung lebaran masih jauh,mari belanja ke pasar tanah abang.selamat berbelanja ^-^

sumber:
http://www.kompas.com/ 
http://www.kompas.com/ 
 http://www.bloka-tanahabang.com
http://berita.plasa.msn.com/
http://kawalu.com/
id.wikipedia.org

21 komentar:

  1. sayang banget saya belum pernah kesana Mak... :(
    Pasti lapar mata ya Mak, secara barangnya bagus2 dan harganya miring :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ayo coba belanja ke tanah abang....^-^,iya lapar mata pake bingits mak :D

      Hapus
  2. Wii...melihat keramaiannya, saya ngerii..hehe... Wah, mborong2 buat lebaran ya.. Tipsnya OK tuuh.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo sy liat keramaian di tanah abang itu bkn ngeri mak tapi seruuuu bgt! :D,iya silahkn dicoba tips'y ya...:^-^

      Hapus
  3. Blok A sekarang kebanyakan yang nggak bisa di ecer ya Mak. Karena bukan tuk dijual lagi, jadi bingung kalau harus beli minimal 3. Banyak bingits!!! ;)

    BalasHapus
  4. Saya boleh nitip egak ya hahaha?
    Salam balik http://gebrokenruit.blogspot.com/2014/07/merajut-asa-di-indonesia.html

    BalasHapus
  5. Saya sih gak suka belanja di tempat yang terlalu ramai dan harus tawar menawar kaya di tanah abang.. Soalnya saya gak bisa nawar-nawar, terus gak kuat sama tempat yg terlalu ramai, sesak, dan panas :p suka pusing.. Jadi lebih suka ke mall deh, ruginya sih ya gak bisa dapat barang murah meriah, alhasil gak bisa borong, hihi..

    BalasHapus
  6. mak indah:iya mak,hee...
    rosiy:boleh boleehhh...:D
    mak arifah:klo di blok A ga panas kok kn ber-ac,sy juga klo utk dipake sendiri sih keseringan online,coz repot bawa anak.kcuali belanja byk baru ke tnh abang :)

    BalasHapus
  7. Sejak tahun 77 pindah Jakarta, belum pernah ke sini. Lihat fotonya jadi kepingin. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh tinggal dijakarta blm afdol klo blm ke tanah abang,heee... hayu ngeborong :D

      Hapus
  8. Pengiiiin ke tenabang... berkali2 ke yakarta blum sempat kemari mak.

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. hi hi... bawa uang yg byk mak ke tnh abang'y,byk barang yg menggoda,hehee...

      Hapus
  10. Klo ingin belanja gamis & baju koko murahan di blok mna..blok F/blok A??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya blok f lbh murah,jgn lupa ditawar yaa... ^_^

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Belanjq di tanah abang banyak yg terima pake KJP ga ya mba?

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)