Rabu, Juli 23, 2014

diabetes,gagal ginjal dan kesetiaan ( 1 )

tak terasa hari ini sudah hari ke 25 ramadhan,tetangga sudah banyak yang mudik ke kampung halamannya,masjid sudah sedikit sepi dari jamaah,pedagang takjil di blok komplek saya tinggal juga sudah libur jualan.saya?masih eksis dirumah bersama keluarga kecil saya ^-^


setiap ramadhan entahlah kok saya suka sedikit melankolis,teringat orang-orang terkasih yang sudah wafat.bapak.. kakek nenek yang biasa saya panggil apa dan emak,kakak.. uwa.. ahhh wajah mereka,kenangan-kenangan bersama mereka selalu membayangi hari-hari saya di setiap ramadhan.apalagi jika malam takbir tiba,rasa kangen itu semakin terasa.. *allaahummaghfirlahum warhamhum wa'aafiihim wa'fu 'anhum,aamiin....*

hari-hari yang sedikit sendu ini harus bertambah sendu karena di bagian akhir ramadhan ini kakak ipar saya tiba-tiba harus dilarikan ke rumah sakit dan dokter mengatakan dia terkena gagal ginjal,setelah sebelumnya beliau mengalami diabetes,patah tulang dll.sekarang beliau harus menghadapi kenyataan harus rutin menjalani cuci darah.dikeluarga saya tidak ada yang memiliki riwayat penyakit diabetes,dikeluarga suami ada beberapa saudara yang terkena diabetes.sebenarnya apa itu diabetes?

diabetes yang biasa dikenal dengan penyakit kencing manis adalah suatu keadaan dimana tubuh seseorang mengalami gangguan dalam mengendalikan kadar glukosa darah,akibatnya kadar glukosa darah meningkat (hiperglikemia) secara berkepanjangan (kronik).


sumber disini


diantara gejala yang dirasakan oleh penderita diabetes melitus (DM):
  • sering berkemih/buang air kecil(poliuria)
  • sering atau cepat merasa haus/dahaga (polidipsia)
  • lapar yang berlebihan (polifagia)
  • kehilangan berat badan yang tidak jelas penyebabnya
  • kesemutan atau mati rasa diujung saraf tangan atau kaki
  • cepat lelah atau lemah
  • apabila terluka/tergores proses penyembuhan nya lama
  • mudah terkena infeksi
bersambung...

sumber:
http://prodia.co.id/ 

5 komentar:

  1. Iya ya Mak .. momen lebaran biasanya mengingatkan kepada orang2 tersayang.
    Met lebaran Mak, maaf lahir batin :)

    BalasHapus
  2. iya sama2 mak maaf lahir batin juga ya...:)

    BalasHapus
  3. sama nih, dikeluargaku juga ada riwayat diabetes, kira2 tips untuk pencegahannya gimana yak?

    BalasHapus
  4. baca tulisan ini saya jadi teringat almarhum kakek yang semasa hidupnya menderita diabetes :(

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)