Selasa, Desember 02, 2014

resep wedang jahe

  6 Komentar    
categories: ,

kalau sudah masuk musim hujan,saya pribadi merasakan udara kota tangerang selatan tak sekering dan sepanas biasanya.hari ini dari pagi sampai hampir jam 2 siang cuaca diluar mendung-mendung cantik,angin semilir dijendela kamar atas membuat saya bisa sedikit menghemat listrik dengan tidak menyalakan ac,ealahh… ^-^biasanya kalau sudah mendung sebentar lagi hujan akan turun.

 udara dingin karena hujan atau atau terlalu lama di ruang ber-ac bisa memicu sakit flu,kadang nyeri otot bahkan pegal-pegal.enaknya tentu minum yang hangat dan menyegarkan badan,seperti minum air jahe dicampur madu,wedang jahe atau minuman yang berbahan jahe lainnya.ketika diminum terasa hangat dibadan.

bulan lalu,tetangga yang aslinya orang jogja mengadakan acara pernikahan anaknya, kerabatnya yang dari jogja ikut menginap dirumah saya.seru... rumah yang biasanya sepi jadi ramai dengan hadirnya 10 orang saudara baru dari jogja,ehhh sang tamu memberi saya oleh-oleh jogja berupa bakpia dan wedang uwuh,wedang uwuh kombinasi jahe,kayu secang,cengkeh dll terasa menghangatkan badan,apalagi kalau masuk angin,mantap deh kalau minum wedang uwuh,sayangnya disini saya cari wedang uwuh belum ketemu juga ^-^


kita cari tahu yuk kenapa jahe itu bersifat menghangatkan?Jahe atau zingiber officinale termasuk tanaman rimpang yang berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengahnya.jahe terasa hangat bahkan panas karena mengandung senyawa keton bernama zingeron.itulah kenapa jahe terasa hangat ketika diminum,atau ketika dibalurkan ke bagian tubuh yang pegal atau keseleo.

Jahe mengandung energi sebesar 51 kilokalori,zat besi 2 miligram,protein 1,5 gram,karbohidrat 10 gram,lemak 1 gram,fosfor 39 mg,kalsium 21 mg,juga mengandung vitamin a sebanyak 30 iu,vitamin b1 0,02 mg,viamin c 4 mg.hasil tersebut berdasarkan penelitian terhadap 100 gr jahe,dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 97 %.

berikut saya sertakan resep wedang jahe yang enakkkk... segaarr dan hangat di badan ^-^


sumber gambar:sajiansedap.com


Bahan:

·         175 gram jahe,dibakar lalu dikupas,memarkan
·         30 gram gula merah
·         175 gram gula pasir
·         3 butir kapulaga
·         3 butir cengkeh
·         1 batang kayu manis
·         1300 ml air
·         4 sdm susu kental manis

Caranya:

·         Masukkan semua bahan (kecuali susu) kedalam wajan,biarkan sampai mendidih.
·         Matikan kompor,diamkan sebentar lalu masukkan susu kental manis.
·         Wedang jahe siap disajikan
·         *untuk 5 gelas*

Semoga bermanfaat…

Sumber:
Organisasi.org
Wikipedia
Viva.co.id        
Sajiansedap.com






6 komentar:

  1. Wedang jahe pakai gula aren, apa lagi kalau ditambah creamer, duh enak banget deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh betul itu mak,kapan2 sy coba pake gula aren.. :)

      Hapus
  2. Mantabs resepnya teh ...
    Kalau favorit saya lebih sederhana, cukup teh tubruk + jahe + sereh, diseduh dengan air mendidih. Kalau pengin manis, tinggal ditambah madu. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh enak tuh mang,hatur nuhun sdh berkunjung.... :)

      Hapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)