Selasa, April 14, 2015

autisme





berenang adalah salah satu hobi syafieq,sebelum pindah ke sukabumi kami biasa berenang di bsr karena lokasinya yang dekat dari rumah.setiap kali berenang selalu ada saja siswa-siswi TK atau SD yang juga berenang disana.suatu keasyikan tersendiri karena syafieq merasa banyak temannya.

tapi ketika saat itu hkami berenang ada pemandangan yang tidak biasa,saya lihat sekumpulan siswa siswi sekitar 20 orang,masing-masing siswa ditemani ibu masing-masing,belum lagi gurunya ada sekitar 7 orang.siswa sekolah itu tidak seumur,saya perkirakan usianya dari mulai usia TK,SD,SMP dan SMA.iseng-iseng ngobrol dengan salah satu gurunya,ternyata mereka adalah siswa siswi sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang katanya lokasi sekolahnya berada di ciputat.

sebenarnya saya tidak bisa berenang,dulu saya tidak pernah les berenang,kalaupun ke kolam renang hanya basah-basahan saja ^_^,sambil memperhatikan syafieq di bibir kolam saya ngobrol dengan seorang ibu yang anaknya menderita autis,umurnya sudah 9 tahun,tidak bisa berjalan,kakinya terlihat menekuk ke belakang,tidak bisa bicara,terlihat anak itu ketakutan ketika ibunya mencelupkan kakinya ke kolam,tak lama kemudian anak itu menjerit,berteriak tapi ibu dan gurunya meyakinkan bahwa air itu mengasyikkan.setelah hampir seluruh badannya basah barulah anak itu terlihat senang berada di air.

saya pertama kali mendengar kata autis itu sekitar 17 tahun yang lalu,yah... saat itu dokter memvonis keponakan saya menderita autis,kita sebut saja si fulan.kala itu autis adalah sesuatu yang aneh,baru dan jarang.autis itu apa sih?dalam wikipedia dijelaskan autis atau autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada manusia.

dalam cirianakautis.com dijelaskan bahwa autisme berasal dari kata autos yang berarti diri sendiri,sedangkan isme adalah faham.ini berarti autisme bermakna keadaan yang menyebabkan anak-anak hanya memiliki perhatian terhadap dunianya sendiri.autisme adalah kategori ketidak mampuan yang ditandai dengan adanya gangguan dalam komunikasi ,interaksi sosial,gangguan indrawi,pola bermain dan perilaku emosi.

anak penyandang autis biasanya dibarengi dengan masalah lainnya,misalnya tuna rungu,tuna netra,down syndrome,dll.tapi alhamdulillaah... fulan tidak mengalami gangguan penglihatan,pendengaran ataupun down syndrome.

beberapa ciri-ciri anak penyandang autis dan prilaku yang nampak pada anak autis:

1.dalam penginderaan menunjukkan respon yang tidak wajar.

ketika lahir berat badan fulan mencapai 4 kg dan dilahirkan secara normal.kakak saya merasa anaknya itu memiliki perbedaan dengan bayi-bayi lain.pada umumnya ketika ibu menyusui bayi,maka mata si bayi selalu melekat tatapannya ke mata ibu.sedangkan fulan tidak pernah sekalipun menatap mata ibunya,tatapannya selalu ke arah lain dan tidak pernah fokus hanya pada satu obyek.pandangan matanya bergerak cepat dari satu obyek ke obyek lainnya.

2.seperti tidak bisa mendengar,dalam beberapa kasus mengalami gangguan pendengaran.

ketika fulan berusia 5 bulan dia sudah bisa tengkurap,setiap kali dipanggil namanya fulan tidak pernah nengok,ketika ada suara yang diperdengarkan fulan seolah tidak mendengar,fulan tidak mencari dari mana asal suara tersebut.ketika fulan berusia 11 bulan fulan sudah bisa berjalan,jalannya cepat lancar tapi dengan kaki jinjit.melihat banyaknya perbedaan fulan dengan anak lainnya maka kakak saya membawanya ke dokter anak di rumah sakit cipto jakarta,kenapa rumah sakit cipto?karena letaknya dekat dengan rumah kontrakannya,hanya tinggal jalan kaki saja.

3.suka berputar-putar sendiri,melambai,jalan jinjit/berjingkat.

setelah menjalani berbagai pemeriksaan dan tes akhirnya dokter memvonis bahwa fulan menderita autis.dokter menyarankan agar fulan mengikuti terapi khusus untuk anak autis yang berada di rumah sakit cipto.seminggu 3 kali kakak saya membawa fulan terapi.terapi itu berhasil diikuti selama hampir 1,5 tahun lamanya.anak diajarkan meniup,menyusun balok dan lain sebagainya.kakak saya sudah diingatkan oleh dokter,bahwa fulan harus diajarkan berjalan dengan telapak kaki yang tegak (tidak jinjit),karena jika terus jinjit maka ketika anak besar telapak kakinya akan tertekuk (seperti kasus anak yang saya temui dikolam renang).

setiap mau terapi selalu ada cerita lucu,haru,kadang juga membuat sedih kakak.dari rumah jalan kaki,disepanjang perjalanan banyak terdapat warung-warung kecil,kadang fulan "menyapu" warung dengan tangannya,otomatis toples dan kue-kue terjatuh semua,pecah dan berserakan.akhirnya kakak membayar semua kerusakan dan kerugian pemilik warung.dilain waktu minuman teh kemasan botol juga fulan tumpahkan,bukan satu dua botol tapi banyak.saat itu ibu pemilik warung sedang membuka tutup botol satu persatu,minuman yang akan diantarkannya ke kantor sebelah.eehhh tumpah juga sama fulan ^_^.

saat fulan bisa berlari,saat itu pulalah seluruh waktu kakak saya terkuras untuk fulan.bayangkan,fulan tidak pernah diam sedetik pun,kakinya terus saja berjalan mengitari seluruh ruangan,fulan hanya diam ketika tidur saja.semua pintu keluar harus dikunci,karena tenaganya yang kuat,kakinya terus saja bergerak kesana kemari.tangannya pun demikian,tidak bisa diam,apapun barang yang bisa dia jangkau akan dia ambil lalu dilempar atau ditumpahkan.(setelah bisa berjalan fulan tidak mau digendong)

4.suka melakukan sesuatu yang berulang.

usia 2 tahun fulan semakin hiperaktif,tangannya senang memukul,fulan gemar memukul punggung siapapun yang sedang duduk.jadilah kakak saya selalu mengurung diri dirumah,biarlah perabotan rumah hancur tapi jangan sampai barang orang lain ikut hancur juga,begitu pikir kakak.tetapi saat itu dokter justru menyarankan agar fulan tidak dikurung dirumah,tempat yang luas dan berinteraksi dengan orang banyak sangat baik untuk anak seperti fulan.

akhirnya kakak saya memutuskan untuk tinggal di sukabumi,sedangkan suaminya masih tetap tinggal dijakarta.disukabumi kebetulan didepan rumah terdapat lapangan yang luas milik sebuah yayasan,jadilah fulan leluasa main dilapangan,bermain dengan anak-anak sekolah.tapi tetap kakak saya terus ngintilin anaknya,seringkali kakak saya mengganti barang orang lain yang dirusak oleh fulan,dari mulai walkman(saat itu walkman lagi nge-hits ^_^),kamera,handphone dll.

5.suara yang dikeluarkan tidak jelas,biasanya seperti erangan.

fulan ketika bicara yang keluar dari mulutnya hanya terdengar seperti mengerang,dengan urat leher yang tegang dan menyembul terlihat dipermukaan kulitnya yang putih.sepertinya ketika mengeluarkan suara itu fulan kesulitan,butuh tenaga ekstra.kadang dia mengamuk karena tidak ada satu orangpun yang mengerti apa yang dia maksud.

saat usianya 5 tahun kakak saya berniat menyekolahkan fulan ke TK,tapi bingung harus TK yang mana?di sukabumi saat itu belum ada sekolah khusus untuk anak autis,awalnya kakak saya mau menyekolahkannya ke SLB,tapi setelah konsultasi dengan dokternya,justru dokter menyarankan agar fulan sekolah di sekolah umum,karena anak penyandang autis itu sifatnya meniru,jadi harus bergaul dengan anak-anak normal agar fulan pun meniru perilaku anak normal.

tidak mudah mencari sekolah yang mau menerima anak autis,tapi Allah memberi kemudahan ada juga sekolah yang mau menerima fulan,dengan syarat ibunya harus ikut tinggal dikelas.sekolahpun sebenarnya hanya perpindahan tempat beraktifitas saja buat fulan,guru tidak bisa mengajarinya karena fulan tidak bisa duduk manis dikursi walaupun sejenak saja."sekolah main" itu pun selesai dan fulan mendapat ijazah TK.

ada kejadian menarik,fulan tak pernah diajarkan membaca,menulis,menghitung atau menghafal apapun.ibunya hanya menempelkan abjad dan angka serta doa-doa didinding kamarnya,sering fulan melihat dinding itu walaupun hanya sekilas saja.dirumah kakak saya selalu menyetel murottal,dengan harapan agar ayat-ayat al-qur'an yang dilantunkan itu "menempel" diotak fulan.fulan sering mengambil kitab bapaknya dan seolah-olah dia sedang mengejanya,kitab tersebut berhuruf arab gundul alias tak bersyakal.

selanjutnya fulan akan masuk SD,setelah mencari-cari akhirnya fulan sekolah di sebuah sekolah dasar negeri yang tidak begitu jauh dari rumah,syaratnya sama,ibunya fulan harus ikut "bersekolah" juga.atas izin Allah akhirnya pada saat fulan kelas 3 SD dia bisa berbicara,meskipun kata-katanya terdengar kurang jelas.ini efek dari bergaul dengan anak-anak yang normal,begitu kata dokter.ditambah lagi kakak saya rajin puasa sunat dan solat hajat serta tahajud yang tentu saja doa utamanya adalah meminta kesembuhan bagi fulan.

menakjubkan!ketika fulan sudah bisa berbicara,seolah-olah terjadi begitu saja fulan ujug-ujug mampu melafalkan ayat-ayat alqur'an,sudah banyak surat yang dihafalnya,ketika disodorkan alqur'an fulan pun ujug-ujug bisa membacanya dengan fasih,fulan sudah bisa menghitung,bisa mengeja huruf latin,dan satu keajaiban lainnya yaitu ketika disodorkan kitab berhuruf arab gundul(tak bersyakal) fulan bisa membacanya dengan tepat.lagi-lagi ini semua efek dari apa yang selama ini dia dengar dan dia lihat,dia meniru meniru dan meniru.
  
6.kurang peka,tidak memahami emosi orang lain,kadang kurang empati.

kini fulan sudah kelas 2 SMA,sudah banyak prestasi yang dicapainya,dari mulai pidato bahasa arab,hafalan qur'an,selalu juara kelas,dan saat kenaikan kelas kemarin fulan berhasil meraih juara umum disekolahnya.meski demikian seperti mayoritas anak autis lainnya,fulan pun mengalami hambatan dalam kehidupan sosial,fulan menganggap semua orang sama,sikapnya terhadap orang yang lebih tua sama dengan sikap dia terhadap teman sebayanya.bagi orang yang baru mengenal fulan pasti merasa fulan itu belagu,sok tua dan narsis.

saya ingat ketika bapaknya sakit,gubernur jawa barat bapak h.ahmad heryawan,Lc yang kebetulan teman bapaknya waktu SMA dan kuliah dulu datang menjenguk,saat itu pak gubernur kebetulan ada kunjungan kerja ke daerah sukabumi jadi sekalian menengok bapaknya fulan,ketika pak gubernur datang dikawal ajudan dan beberapa orang berseragam hitam-hitam fulan dengan cueknya bersalaman dan menggamit tangan pak gubernur(layaknya anak kecil menggamit tangan temannya untuk bermain)sembari mengajaknya masuk ke dalam rumahnya.padahal saat itu fulan sudah duduk di SMA ^_^.

fulan punya cita-cita ingin kuliah di al-azhar kairo mesir.semoga cita-citamu tercapai nak... doa kami selalu menyertaimu...

sumber gambar:kurikulum.pklk-dikdas.info.



8 komentar:

  1. aamiin, ikut mendoakan yaa...semoga cita-cita ke Kairo tercapai

    BalasHapus
  2. untuk anak autis ternyata juga ada diet makanan ya Mak,
    jadi memang selain harus ada penanganan khusus juga harus diperhatikan makanan yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi untuk anak autis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mak,penanganan dlm smua hal begitu istimewa menyita smua waktu ibu'y,tpi alhamdulillah skrg sdh tertangani dgn baik,trims sdh brkunjung... :)

      Hapus
  3. Semoga cita-cita kuliah di Al-Azhar, Kairo, tercapai ya, Mbak. Aamiin...

    BalasHapus
  4. Semoga cita2ya tercapai. Aamiin. Salut dengan para orangtuanya yang selalu bersemangat mendampingi.

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)