Jumat, Juni 19, 2015

kering kentang mustofa

"hai orang-orang yang beriman,diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa" (qs.albaqoroh :183)


alhamdulillaah... tahun ini masih dipertemukan dengan bulan ramadhan.puasa tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya,tahun sebelumnya saya sempat tinggal di kota jakarta kemudian di kota tangerang selatan dan tahun ini saya sudah kembali ke kampung halaman tercinta yaitu kota sukabumi,untuk pertama kalinya saya bersama suami dan syafieq berpuasa dirumah kami.alhamdulillaah...

buat ibu rumah tangga full seperti saya,tantangan bulan ramadhan itu saat saya harus menyusun menu makan untuk berbuka dan sahur,terkadang bingung harus masak apa?.menu untuk berbuka disaat ide memasak buntu mungkin saya masih bisa tertolong dengan membeli masakan yang sudah jadi,tapi kalau untuk makan sahur?agak repot juga ya karena kebetulan didekat komplek belum ada penjual masakan saat sahur,tidak seperti di jakarta makanan apapun jam berapapun mudah dicari ^_^.

nah.. sekarang ada nih menu sahur andalan saya yaitu kering kentang mustofa,tahu kan?itu tuh kentang yang diserut memanjang digoreng sampai kering lalu dibumbui dengan bumbu cabe nan pedas,tapi kok namanya mustofa ya?hi hi.. entahlah yang pasti kebanyakan orang menyebutnya demikian.dulu.. saya malas membuat sendiri kering kentang mustofa karena biasanya mlepek dan basah.sekarang justru saya semangat membuatnya karena sudah tahu rahasianya,hasilnya kering kriuk dan sedapppp,mau tahu resepnya?cekidot...

kering kentang mustofa





bahan:

  • 1 kg kentang (yang berwarna kuning dan berukuran besar)
  • 10 buah cabe merah besar (kalau mau pedas tambah rawit merah sesuai selera)
  • 8 buah bawang putih
  • gula pasir secukupnya (saya biasa pakai 4 sendok makan)
  • garam dan penyedap secukupnya
  • 3 lembar daun salam
caranya:
  • kentang diserut memanjang/dipotong pakai pisau biasa sebesar korek api
  • rendam kentang selama 20 menit kedalam larutan air kapur sirih,kalau tidak ada bisa diganti dengan siclamat acid/sitrun
  • haluskan cabe dan bawang putih,jika diblender pakai air sedikit saja agar bumbu cepat kering diatas wajan.di ulek lebih baik karena bumbu tidak berair.
  • gula pasir dihaluskan agar ketika ditaburkan diwajan langsung menyatu dengan kentangnya.
  • goreng kentang dengan minyak yang banyak dan panas,goreng sedikit demi sedikit agar kentang kriuk.
  • goreng bumbu halus,kecilkan api kompor lalu masukkan daun salam,gula pasir,garam dan penyedap.masukkan kentang ke dalam bumbu,aduk cepat hingga bumbu teraduk sempurna.
  • dicicip,jika ada yang terasa kurang segera ditambahkan.
tips agar kentang kriuk:
  • ketika menggoreng bumbu,airnya harus sudah betul-betul habis,tandanya minyak terlihat terpisah dengan bumbu.
  • ketika menggoreng kentang minyaknya harus banyak,kentang harus terendam minyak dengan sempurna,dan minyak harus betul-betul panas.
  • jika setelah dibumbui kentangnya ternyata basah,mlepek dan tidak kriuk jangan berkecil hati,diamkan kentang tersebut hingga betul-betul dingin,jangan dimasukkan ke toples tertutup.diamkan saja selama kurang lebih 2 jam,lalu masukkan kentang tersebut ke dalam wajan dengan api sangat kecil,lalu aduk-aduk hingga kentang kering,aduk pelan ya agar kentang tidak hancur.dan... lihatlah hasilnya,kentang yang penyek tadi menjadi kriuk.tidak percaya?silahkan dicoba.... ^_^
kentang 1 kg jadinya setengah toples ini,toples tupperware yang saya pakai ini berkapasitas 1,5 liter.entah kalau ditimbang beratnya jadi berapa ons ya,maaf karena saya tidak punya timbangan dirumah,hi hi... selamat mencoba... semoga bermanfaat...



22 komentar:

  1. Aih...ngiler lihat kentang mustofa-nya mbak.
    Istri saya biasa membuat ini pas jelang lebaran. Biasa ditaburkan diatas ketupat sayur dengan opor ayam. Nikmat banget...
    Selamat menjalankan ibadah puasa mbak.

    Salam dari saya di Rambay, Sukabumi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap tuh pak ketupat syr ditaburin kering kentang ^_^
      met puasa juga buat bpk dan keluarga
      deket pak dari rambay ke rmh sy tinggal lurus aja lewat jalur,amengan atuh ka bumi pak... :)

      Hapus
  2. Waaah ini kesukaan anakku banget tapi belum pernah bikin, beli aja sih. Soalnya kayak2 aku nggak bisa. Resepnya patut dicoba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo dirmh sy suami mak yg suka bgt ma kering kentang ini,hayu dicoba ^_^

      Hapus
  3. Namanya unik ya Mbak...pake embel2 "Mustofa".. Ini kesukaanku mbak..sesekali kalo ada wkt luang sering bikin sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba... keren ya ke arab2-an embel2nya ^_^

      Hapus
  4. wah mbak aira jadi pengen ikutan cobain resepnya nih hehe... aduh jadi serasa ibu" hehe pizzz...

    BalasHapus
    Balasan
    1. skrg mah yg jago masak byk yg ganteng2 kok,jdi.. tunggu apalagi?ayo dipraktekan,heheee...

      Hapus
  5. Begitu juga saya, Mak, puasa kali ini terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mas,skrg alhamdulillah sdh di tanah air ya puasanya :)

      Hapus
  6. Tips agar kentang kriuk itu penting bangeeet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. penting buat emak2 pak ustadz ^_^

      Hapus
    2. Hehe... penting bagi saya juga karena memang (kadang) suka masak :)

      Hapus
  7. Andai tidak pedas, anak saya pasti suka. Soalnya dia sukaaa banget menu kentang goreng. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ust.irham... ga usah diksh cabe aja kentangnya ^_^

      Hapus
    2. Bismillah, layak dicoba untuk anak-anak saya nih. Matur nuwun, ya, Mbak. :)

      Hapus
  8. Bintang paling doyan kering kentang... buat camilan ataupun dimakan bareng nasi

    BalasHapus
  9. waaah, kesukaan saya setelah kering tempe nih, kentang mustofa
    makasih resepnya bund

    BalasHapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)