Senin, September 07, 2015

yuk kita belajar merajut



Add caption

merajut apa sih?dalam wikipedia dijelaskan merajut adalah metode membuat kain,pakaian atau perlengkapan busana dengan menggunakan benang rajut.merajut hanya menggunakan sehelai benang,sebaris tusukan yang sudah selesai dipegang di salah satu jarum rajut sampai dimulainya tusukan yang baru.

merajut adalah hal baru buat saya,jangankan bisa merajut,benang atau jarum rajutpun saya tak pernah memegangnya.dulu saat duduk di madrasah tsanawiyah ada pelajaran keputrian,menyulam dan memasak adalah dua diantara materi yang diajarkan dalam pelajaran tersebut.saat itu sulaman saya lumayan bagus,kalau sekarang entahlah... saya sudah lama tak mempraktekkannya lagi ^_^




kenapa tiba-tiba sekarang saya menulis tentang merajut?karena baru sekaranglah saya tertarik untuk belajar merajut,sssttt...!saya tertarik merajut karena suka nonton film asal turki yaitu shehrazat 1001 malam,di film itu ibu nadire mertuanya shehrazat tangannya selalu disibukkan dengan benang dan jarum rajut,hi hi..

kembali kepada merajut,saya bingung juga mau belajar merajut sama siapa?di sukabumi tidak ada tempat kursus merajut atau menyulam,kalaupun ada... bagaimana ya dengan syafieq?tapi alhamdulillaah... sekarang saya sudah menemukan tempat belajar merajut online,tinggal klik belajar merajut ,diweb tersebut sangat lengkap kita diajarkan merajut step by step,ada videonya juga,jadi mudah dimengerti.




  • seperti apa bentuk jarum rajut?
  • benang apakah yang dipakai untuk merajut?
  • bagaimana cara memegang jarumnya?
  • bagaimana cara memegang benangnya?
  • apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mulai merajut?
pertanyaan-pertanyaan diatas biasanya muncul bagi pemula seperti saya,tapi jangan khawatir di web tersebut semuanya dijelaskan secara detail.jadi ada kelas belajarnya,kita tinggal mengikuti tahapan-tahapannya saja.mudah?tidak juga,saya merasa riweuh ketika tangan kiri memegang benang,tangan kanan memegang jarum,giliran tusuk tunggal duh ribet,semuanya jumpalitan bolak balik,heheee... yah namanya juga belajar,harus sabar dan telaten dong ya.sekarang saya baru bisa tusuk rantai sama tusuk tunggal,masih harus belajar banyak.jadi... siapa yang mau bisa membuat rajutan?yuk kita belajar sama-sama  :)

sumber gambar:
-belajarcaramerajut.com

20 komentar:

  1. Ibuk saya dulu juga suka merajut. Dan, saya sebagai anaknya tidak diajari ilmu merajut. Apa karena saya laki-laki, hehe... Selamat belajar merajut ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lucu kali ya ust kalo cowok merajut,heeee... trims ust :)

      Hapus
  2. Mama n tante2 juga pandai banget ngrajut
    cuma aku ga bisa, lebih seneng memasak hihiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh klo deket sy mau lah bljr sama ma2'y ^_^,enak dong masakannya mak nchie?heee...

      Hapus
  3. aku dah g pernah ngerajut :(
    ga bisa #pfft

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi.. sy juga blm bisa mak,tertarik aja gitu ^_^

      Hapus
  4. Duhhh saya takluk kalau diminta merajut, saya diminta menanam saja deh mbak, saya gak sabaran soalnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lbh trtarik bercocok tanam ya mak?bagus dong... :)

      Hapus
  5. pengen deh bisa ngerajut, saya mah ngejait baju yang sobek dikit aja udah keteteran apa lagi ngerajut, pengen deh sekolah ngerajut biar nambah kreatifitas

    BalasHapus
  6. pengen bisa merajut itu susah juga ya mbak

    BalasHapus
  7. masih belajar ngerajut
    belum ahli :)

    BalasHapus
  8. Saat ini adikku sedang merajut buat bikin tempat hapenya... belum selesai mbak. katanya pas waktu luang dia merajutnya...

    best regard,
    Adi Pradana

    BalasHapus
  9. Duluuu waktu sy kecil kaka sepupu yg suka merajut, g sempat saya belajar sama dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang ya mak... di kel sy ga ada yg bisa merajut sih jdi sy bljrnya online :)

      Hapus
  10. iya nih pas awal - awal merajut ternyata salah cara megang hakpennya, plus tetep aja ada yang hasilnya longgar atau terlalu ketat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa... sama!sy juga awalnya begitu mak,jari2 jdi pegel banget krn megang hakpennya dan benangnya salah :D

      Hapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)